Wham! Pimpin Posisi Puncak Tangga Lagu Christmas Number One 2023, Dikuntit Sam Ryder dan The Pogues
Wham! (Instagram @whamofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Wham!, duo yang dimotori George Michael dan Andrew Ridgeley, memimpin posisi puncak di tangga lagu Christmas Number One 2023.

Berita ini mengikuti persaingan sengit antara duo pop ikonik tahun 80-an Wham! dan bintang Eurovision Sam Ryder selama seminggu terakhir melalui lagu mereka masing-masing; Last Christmas (1986) dan You’re Christmas To Me (2023).

Pada tampilan pertama perlombaan minggu lalu, hanya 42 unit tangga lagu yang berdiri di antara keduanya dan mengambil posisi teratas di tangga lagu Inggris.

Namun, minggu ini diungkapkan oleh Official Charts bahwa Wham! berada di posisi terdepan, dan memperlebar jarak antara lagu orisinal Amazon Music milik Ryder – yang tetap berada di Nomor Dua.

Hanya saja, sepertinya tangga lagu tersebut tidak akan bertahan seperti ini hingga Natal mengingat Ryder memainkan pertunjukan eksklusif untuk penggemar tadi malam, 19 Desember, di Shoreditch, London, dalam upaya untuk mempromosikan lagu tersebut tepat pada Hari Natal. 

Demikian pula, pada hari yang sama, The Pogues membagikan edisi fisik spesial lagu Natal ikonik mereka yang berjudul Fairytale Of New York dalam upaya untuk naik ke tangga lagu.

Awalnya dirilis pada 1988 dan menampilkan Kirsty MacColl, lagu ini diterbitkan ulang untuk mengenang mendiang vokalis band ini, Shane MacGowan, yang meninggal karena pneumonia pada 30 November.

Semua hasil dari penerbitan ulang ini akan disumbangkan ke badan amal Irlandia Dublin Simon Community, dan perilisan ini juga dilakukan bersamaan dengan kampanye penggemar untuk membuat Fairytale of New York menjadi Christmas Number One untuk pertama kalinya.

Dorongan untuk posisi teratas di tangga lagu juga didukung oleh istri Shane MacGowan, Victoria Mary Clarke. Saat ini, Fairytale Of New York ditempatkan di Nomor Lima.

Sisa tangga lagu Natal ini memperlihatkan Mariah Carey ditempatkan di Nomor Tiga dengan lagu klasiknya yang meriah All I Want For Christmas Is You, yang awalnya dirilis pada 1994, dan hit kolaborasi Ed Sheeran dan Elton John, Merry Christmas, yang tiba pada 2021, ditempatkan di Nomor Enam.

Perlombaan Resmi Christmas Number One 2023 dimulai pada Jumat, 15 Desember, dan batas akhir penghitungan penjualan dan streaming adalah tengah malam pada Kamis besok.

Tangga lagu terakhir untuk Christmas Number One 2023 akan diumumkan di The Official Chart di BBC Radio 1 Jumat, 22 Desember mulai jam 4 sore.

Selama lima tahun terakhir, duo asal Inggris, LadBaby, secara konsisten menduduki puncak tangga lagu Natal dengan sentuhan lucu mereka pada lagu-lagu hit.

Mereka sebelumnya mencapai posisi teratas pada 2018 dengan We Built This City, pada 2019 dengan I Love Sausage Rolls, pada 2020 dengan Don't Stop Me Eatin', dan pada 2021 dengan kolaborasi Ed Sheeran dan Elton John, Sausage Rolls For Everyone.