Single Terbaru Nowela Jadi Persembahan untuk Mereka yang Tetap Bertahan di Masa Sulit
Nowela merilis single berjudul Bertahan (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Nowela Mikhelia merilis single terbaru berjudul Bertahan. Lagu ini dikeluarkan menjelang satu dekade karier penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol itu.

Serupa dengan lagu-lagu yang dirilis sebelumnya, Bertahan hadir dengan tema tentang harapan. Ini menjadi ciri bagi Nowela yang ingin setiap karyanya membawa pesan positif bagi banyak orang. Ia percaya musik bisa mengubah hidup seseorang.

Adapun, Bertahan membawa pesan dan harapan untuk terus bertahan di masa-masa sulit kehidupan, dan lagu ini menjadi apresiasi untuk mereka yang sudah bertahan hingga hari ini.

“Lagu ini jadi teriakan hati saya atas hal berat yang terjadi sepanjang hidup saya. Mulai dari perlakuan berbeda di masa lalu, penolakan terhadap diri saya di masa kecil, hingga depresi yang saya alami 2 tahun lalu,” kata Nowela dalam keterangannya, Rabu, 13 Desember.

“Saya rasa setiap orang pernah ada di titik buntu hingga susah untuk menatap ke depan. Lagu ini memang terbuat dari luka hati tapi kemudian dibalut dengan setitik harapan dan keyakinan akan harapan di ujung jalan dari tiap tantangan hidup,” lanjutnya.

Dibantu Kaleb J dan Belanegara Abe dalam penulisan lagu, Nowela melihat Bertahan sebagai lagu yang tidak biasa. Ada makna mendalam di balik kesederhanaan aransemen yang dihadirkan.

“Saya juga tidak pernah berpikir untuk punya lagu hanya diiringi piano, karena saya selalu menganggap suara saya hanya match dengan musik yang powerful seperti di single sebelumnya, tapi inilah hasil dari apa yang ada di dalam hati saya. Lagu simple yang hanya diiringi piano tapi punya makna yang sangat dalam buat saya,” tuturnya.

Selain sudah dapat didengar di berbagai platform musik digital, Bertahan dari Nowela juga hadir dalam bentuk video klip yang dapat disaksikan di kanal YouTube Passion Vibe.

Dengan tema simplicity, Nowela terlihat bernyanyi dengan latar belakang Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Nowela mengaku lokasi syuting yang dipilih merupakan salah satu bucket list-nya.

“Saya sangat excited karena tempat tersebut adalah salah satu bucket list tempat tujuan saya syuting. Selain itu, karena kami datang di musim kering, citra ‘Afrika-nya Indonesia’ bisa kami dapatkan,” pungkas Nowela.