Bagaimana Keanu Reeves Belajar Bass Dadakan dari Flea
Keanu Reeves (Instagram @dogstarband)

Bagikan:

JAKARTA - Keanu Reeves mengungkapkan dirinya pernah belajar bermain bass dari Flea dari Red Hot Chili Peppers.

Bintang John Wick, yang juga bermain bass dalam band grunge Los Angeles Dogstar, berbicara tentang pertemuan tersebut dalam sebuah video yang diposting ke saluran YouTube Fender.

“Saya ingat suatu kali saya sedang syuting film dan Flea ada di dalamnya, atau saya bermain film bersama Flea,” katanya.

“Dan saya ingat ada sebuah rumah, dan di sana ada amplifier, instrumen, dan sejenisnya.”

“Dan saya seperti, 'Hei, Flea, bisakah kamu mengajari saya?' Dan dia bilang, 'Tentu, kawan!' Dan dia melakukan gerakan solo bass yang rumit. Dan saya, 'Baiklah, jadi?' Lalu dia, 'Rasakan saja, kawan. Main saja.' Dan saya bilang, 'Oke.'”

Reeves dan Flea sama-sama muncul dalam film My Own Private Idaho yang disutradarai oleh Gus Van Sant dan dirilis pada 1991.

Dogstar bersama selama sebelas tahun antara tahun 1991 hingga 2002, merilis dua album studio: Our Little Visionary (1996) dan Happy Ending (2000). Selama lockdown tahun 2020, band ini mulai menghabiskan waktu bersama di karantina, menulis materi yang cukup untuk membentuk album baru.

Reeves dkk merilis album penuh ketiga mereka, Somewhere Between the Power Lines and Palm Trees, awal bulan ini.

Dogstar membuat penampilan live pertama mereka dalam dua dekade di BottleRock Festival di Napa, California pada bulan Mei, mendebutkan beberapa lagu baru.

Berbicara tentang bagaimana dia menjadi seorang bassis, Reeves berkata, “Saya pikir saya adalah binatang liar yang bermain dengan sepotong kayu. Saya tidak belajar banyak lagu. Saya tidak mendengarkan satu lagu pun dan mencoba mencari tahu. Bung, saya menyesal. Jika Anda sedang mempelajari sebuah instrumen, senang rasanya mengetahui apa yang pernah dilakukan orang sebelumnya, tetapi saya tidak melakukannya. Jadi saya hanya akan bermain. Jadi saya tidak punya teori.”

Dia melanjutkan, “Saya ditanya apa bass pertama saya. Saya sudah mencoba mengingatnya, tapi sepertinya itu seperti tahun 1986. Saya pergi ke Hollywood Guitar Center dengan lamunan ingin mendapatkan gitar bass.”

“Saya akhirnya… Saya tidak ingat, tapi ada seorang pria di sana yang menjual bass. Dia bersama seorang teman. Bukan di toko, seperti obral tempat parkir. Saya seperti melakukan transaksi narkoba.”