Album Debut Jazz Sabbath yang Hilang 50 Tahun Lalu Dirilis Tahun Ini
Jazz Sabbath (Dok. Blacklake Records)

Bagikan:

JAKARTA - Daftar album yang akan dirlis pada tahun 2020 jadi lebih menarik ketika kabar tentang album debut milik Jazz Sabbath akan meluncur 10 April mendatang. Bukan apa-apa, album ini menampilkan rekaman lagu-lagu yang akrab di telinga seperti Faries Wear Boots, Iron Man, dan Children Of The Grave.

Setelah membaca judul-judul lagu di atas, kita pasti langsung mengarahkan perhatian kepada dedengkot heavy metal Black Sabbath. Tapi, sebuah pernyataan yang dirilis label yang menaungi band ini mengungkap, lagu-lagu tersebut merupakan milik Jazz Sabbath yang dicuri oleh Black Sabbath. 

"Dibentuk pada tahun 1968, Jazz Sabbath dianggap oleh banyak orang sebagai yang terdepan dalam gerakan jazz baru yang keluar dari Inggris pada saat itu. Album debut yang ditunggu-tunggu, dijadwalkan untuk rilis pada hari Jumat tanggal 13 Februari 1970, ditakdirkan untuk tidak pernah dirilis. Sampai sekarang," bunyi pernyataan Blacklake Records.

"Album ini batal rilis ketika anggota pendiri dan pianis Milton Keanes dirawat di rumah sakit akibat serangan jantung. Perusahaan rekaman mengambil keputusan untuk mengesampingkan album itu dan membatalkan waktu perilisannya karena kondisi keuangan band ini menjadi tidak karuan setelah ditinggal pemimpinnya yang sakit."

Ketika Milton akhirnya keluar dari rumah sakit pada September 1970, lanjut pernyataan itu, ia mengetahui bahwa sebuah band dari Birmingham, yang dengan mudah disebut 'Black Sabbath', sejak itu telah merilis dua album yang berisi versi metal dari apa yang mereka klaim sebagai lagu-lagu milik mereka. 

"Milton mencoba menghubungi label rekamannya, Rusty Bedsprings Records, hanya untuk mengetahui bahwa label itu tidak ada lagi dan pemilik label dipenjara. Semua album Jazz Sabbath hancur ketika gudang terbakar pada Juni 1970 yang akhirnya berubah menjadi kasus penipuan asuransi oleh pemilik label. Yang tersisa, hanya beberapa rekaman bajakan pertunjukan Jazz Sabbath antara 1968 dan 1969 sebagai bukti keberadaan band jazz ini."

Master album-album Jazz Sabbath dikatakan hilang dalam kebakaran tersebut. Namun sebenarnya terkubur dalam debu di ruang bawah tanah studio rekaman selama bertahun-tahun dan ditakdirkan untuk tidak pernah muncul selama bertahun-tahun.

"Pada akhir 2019, hampir 50 tahun kemudian, pria yang membeli gedung tempat studio rekaman itu berada (untuk mengubahnya menjadi toko hewan peliharaan vegan) menemukan master album dari sesi rekaman 1969 dan slide yang berisi sampul album asli.

"Kaset-kaset tersebut sekarang telah di remix dan akhirnya akan terdengar. Album ini akan membuktikan bahwa band heavy metal yang disembah oleh jutaan orang di seluruh dunia sebenarnya tidak lebih dari penipu musik, pencuri musik dari seorang jenius yang  pencuri musik dari seorang jenius yang terbaring di rumah sakit."

Daftar lagu Jazz Sabbath:

1. Fairies Wear Boots

2. Evil Woman

3. Rat Salad

4. Iron Man

5. Hand Of Doom

6. Changes

7. Children Of The Grave

Yang harus Anda tahu, Milton Keanes dikenal sebagai Adam Wakeman, pemain kibor dan gitaris Black Sabbath dan Ozzy Osbourne.