Living Color Kecam Jann Wenner karena Remehkan Musisi Kulit Hitam dan Perempuan
Living Color (Instagram @livingcolourofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Living Color merespons komentar kontroversial dari pendiri majalah Rolling Stone Jann Wenner tentang artis kulit hitam dan perempuan.

Dianggap sebagai grup black rock pertama yang menarik banyak penonton mainstream sejak Sly and the Family Stone di awal tahun 1970-an, Living Color merilis pernyataan berikut melalui media sosial:

"Kami, anggota Living Color, ingin menanggapi permintaan maaf Jann Wenner baru-baru ini atas pernyataan kontroversial yang dibuat untuk mendukung buku barunya.

"Gagasan buku berjudul 'The Masters', yang secara terang-terangan menghilangkan kontribusi penting orang kulit hitam, kulit berwarna, dan perempuan terhadap Budaya Rock & Pop menunjukkan masalah yang jauh lebih besar dan sistemik.

“Pernyataan wawancaranya di New York Times yang menyatakan bahwa artis-artis Afrika-Amerika dan perempuan tidak cukup 'berartikulasi' untuk mengekspresikan diri mereka tentang karya mereka adalah hal yang tidak masuk akal.

"Bagi seseorang yang telah mencatat lanskap musik selama lebih dari 50 tahun, ini merupakan penghinaan terhadap kita yang duduk di kaki orang-orang jenius yang terabaikan ini.

"Mendengar bahwa dia yakin Stevie Wonder tidak cukup pandai bicara untuk mengungkapkan pemikirannya tentang topik apa pun adalah sebuah penghinaan. Mendengar bahwa Janis Joplin, Joni Mitchell, Tina Turner, atau salah satu dari banyak artis perempuan yang tidak dia pilih lagi pula, mereka tidak layak menyandang status 'Master', bernuansa seksis, dan berperilaku eksklusif.

"Permintaan maaf Tuan Werner hanya memperkuat gagasan tersebut. Bahwa bukunya merupakan cerminan dari pandangan dunianya menunjukkan bahwa buku itu memang sempit & kecil".

Untuk diketahui, The Masters menampilkan wawancara dengan Bob Dylan, Jerry Garcia, Mick Jagger, John Lennon, Bruce Springsteen, Pete Townshend dan Bono U2 — semuanya berkulit putih dan berjenis kelamin laki-laki.

Semua, kecuali satu anggota dewan direksi Rock And Roll Hall Of Fame, dilaporkan memilih untuk memecat Wenner.