Ini Album "Rock Terhebat" Versi Flea Meskipun Cacat dan Berantakan
Flea (Instagram @chilipeppers)

Bagikan:

JAKARTA - Flea tidak pernah sombong terhadap musik yang didengarkannya. Mulai dari puisi tentang jazz hingga memainkan musik paling funky yang dikenal manusia, bassis Red Hot Chili Peppers ini tidak pernah malu untuk menunjukkan pengaruh terbesarnya dari setiap genre. Meskipun Flea mungkin menghargai keindahan menjadi teknisi musik di balik bass, salah satu inspirasi terbesarnya datang dari musik tanpa pola pikir perfeksionis.

Setelah memulai di dunia jazz, Flea dengan cepat jatuh cinta dengan punk rock saat masih kecil, menjadi anggota band punk hardcore Fear sebelum dia menemukan panggilan funk-rocknya. Meskipun 'cacat' punk rock adalah bagian dari daya tariknya, Neil Young menemukan keindahan dalam kesalahan sebelum band seperti Sex Pistols atau The Clash muncul.

Pertama kali dikenal sebagai pemain gitar di Buffalo Springfield, Young dengan cepat beralih ke karier solo, mengikuti arah musik apa pun yang sesuai dengan kesukaannya. Meskipun banyak penggemar rock kasual akan mengingat Young karena lagu klasiknya yang bernuansa folk seperti Heart of Gold dan After the Gold Rush, dia tidak pernah merasa nyaman untuk menggunakan satu sound kala bermain-main dengan hard rock di Rust Never Sleeps sebelum beralih ke musik 'aneh' dalam Everyone's Rockin dan Trans.

Meskipun sebagian besar penggemar sering kali melihat karier Young secara nada sebagai yang tidak koheren, Flea justru menghormati apa yang bisa dilakukan Young. Saat mendiskusikan album favoritnya, Flea menghitung Young di antara artis favoritnya, mengklaim bahwa Zuma adalah salah satu album terbaik yang pernah dia buat.

Flea mungkin dikenal ahli dalam memainkan bass, tapi keindahan album Young berasal dari ketidaksempurnaan. Ketika berbicara tentang album Tonight's the Night, Flea berpikir bahwa elemen manusia dalam musik memberikan karakter uniknya, mengatakan kepada Rolling Stone, “[Ini] mungkin adalah album raw rock terhebat yang pernah dibuat. Ini sangat berantakan, di mana hal-hal yang direkam dengan sangat keras sehingga terdistorsi. Vokal latar belakangnya benar-benar tidak selaras, dan saya tidak akan mengubah nada apa pun. Itu adalah semangat dari musik rock, dan itulah alasan untuk memainkan musik rock”.

Dibandingkan dengan karya Young sebelumnya, Tonight's the Night tetap menjadi album paling cacat di katalognya karena latar belakangnya yang tragis. Menyaksikan perlahan-lahan kecanduan obat gitarisnya Danny Whitten, Young mencurahkan jiwanya ke dalam lagu-lagu untuk album ini, terdengar seperti dia berada di ambang gangguan emosional selama album tersebut.

Meskipun Flea mungkin belum mengetahui resonansi emosional dari karya Young pada saat itu, dia mendapati dirinya mengalami tekanan emosional yang sama ketika mengerjakan beberapa lagu Red Hot Chili Peppers. Melanjutkan setelah kematian gitaris Hillel Slovak, band ini menyalurkan kesedihan mereka ke dalam lagu-lagu sebagai penghormatan kepada rekan satu band mereka, menulis Otherside dan Knock Me Down sebagai kisah peringatan tentang seorang teman yang mengambil sifat buruknya satu langkah terlalu jauh.

Meskipun Flea memiliki pengetahuan ensiklopedis tentang cara bermain bass, kekuatan di balik Neil Young tidak dapat diajarkan di sekolah musik mana pun. Meskipun mungkin mudah untuk memutar nada-nada di halaman itu, yang terpenting adalah merasakan musik di dalam jiwa seseorang sebelum rekaman itu mulai diputar.