Pandji Akbari dan Afif Givano Ungkap Lagu Tersulit di Album Ketiga Kunto Aji, <i>Pengantar Purifikasi Pikir</i>
Pandji Akbari dan Afif Givano (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pandji Akbari dan Afif Givano menjadi produser untuk album ke-3 Kunto Aji, Pengantar Purifikasi Pikir, yang dirilis hari ini, Kamis, 14 September.

Keduanya diketahui sudah belasan tahun bergabung dengan Kunto Aji dalam banyak pentas. Bahkan, Pandji dan Afif sudah terlibat dalam penggarapan album Generation Y yang dirilis tahun 2015.

Dari sembilan lagu di album Pengantar Purifikasi Pikir, Pandji dan Afif sepakat bahwa Rona Merah Langit merupakan lagu tersulit saat proses produksi.

“Kalau saya rasanya lagu Rona Merah Langit. Susahnya karena nyawa untuk main di lagu itu mesti nahan banget,” kata Pandji Akbari saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Kamis, 14 September.

Pandji menyebut Rona Merah Langit berbeda dari delapan lagu lain. Sejak workshop, dia bahkan sudah melihat kesulitan dari lagu ciptaan Kunto Aji itu.

“Karena yang lainnya kan banyak yang kayak seru-seruan. Pas workshop, lagu itu punya mood berbeda dari lagu yang lain. Kalau saya sih Rona Merah Langit yang paling sulit,” katanya.

Afif Givano juga mengamini pernyataan Pandji. Dia melihat Rona Merah Langit punya kompleksitas sendiri dibandingkan lagu lainnya.

“Betul, Rona Merah Langit yang paling susah, padahal itu lagu yang paling ngepop, lagu yang paling easy listening untuk didengar orang,” ujar Afif Givano.

Soal keterlibatan keduanya sebagai produser, Kunto Aji diketahui yang meminta secara langsung kepada Pandji dan Afif.

“Kalau kita, karena dasarnya udah kenal lama juga sama Aji, jadi ketika Aji menawarkan, ya kita langsung mau, dengan senang hati,” pungkas Afif Givano.