TikTok Music Mungkinkan Interaksi antara Musisi dengan Penggemarnya
Konferensi pers perilisan TikTok Music (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok resmi meluncurkan TikTok Music yang merupakan layanan streaming musik baru. Aplikasi ini diluncurkan di Indonesia pada Selasa, 12 September.

Tidak hanya layanan streaming, TikTok Music juga menyediakan layanan sosial yang menjembatani antara musisi dan penggemarnya.

“TikTok Music lebih dari sekadar layanan streaming musik melainkan model hiburan digital unik yang berkembang dalam kolaborasi, konektivitas, dan kreativitas,” kata Tricia Dizon selaku Country Group Head TikTok Music SEA dalam konferensi pers di Sudirman, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 September.

Para pecinta musik nantinya dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik mereka ke tingkat selanjutnya. Tidak hanya menemukan musik, tapi juga memilih katalog dari ribuan label dan musisi yang tersedia.

Lewat aplikasi ini juga bisa mendengarkan, berbagi, dan mengunduh berbagai musik yang ditemukan di TikTok. Fitur lain seperti share dan comment juga dihadirkan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah untuk berbagi lagu dan daftar putar (playlist) dengan teman, mengutarakan pendapat terhadap lagu, serta terhubung dengan komunitas musik.

“User itu suka untuk interaksi sama artisnya, sama sesama fans juga. Itu yang bikin kita beda dari platform lainnya,” ujar Matthew Tanaya selalu Artist Promotions Lead TikTok Music SEA.

Dalam hal ini, Matthew menyebut bahwa layanan TikTok Music baru tersedia di Indonesia dan Brasil, di mana Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan layanan ini.

“Kenapa Indonesia? Karena kita lihat di Indonesia itu banyak sekali artis potensial, banyak sekali talenta muda yang ditemukan di Indonesia. Jadi sangat masuk akal kalau kita rilis di Indonesia duluan,” jelas Matthew.

Jevin Julian, salah satu penyanyi, penulis lagu dan produser musik berbakat Indonesia menyambut baik layanan yang dihadirkan.

“Menurut gua jadi kayak one-stop system gitu, ini jadi salah satu yang gua tunggu. Dari kecil gua suka musik, bermain musik, sampai akhirnya ini ada sosial media yang dasarnya itu musik,” pungkas Jevin Julian.