UB40 dan Janis Joplin Masuk Music Walk Of Fame Inggris
Janis Joplin (Instagram @janisjoplin)

Bagikan:

JAKARTA - UB40 dan Janis Joplin dilantik ke dalam Music Walk Of Fame Inggris di kawasan Camden London.

Diluncurkan pada tahun 2019, Music Walk Of Fame mencakup area seluas satu mil persegi di Camden dan menampilkan Batu Penghargaan yang tertanam di trotoar, artis terkenal dan tokoh pionir penting lainnya dalam musik.

Barisan tokoh penting musik lainnya yang dilantik sebelumnya antara lain The Who, Madness, Soul II Soul, Amy Winehouse, David Bowie dan banyak lagi.

Berbicara tentang pelantikan dalam siaran pers, Ali Campbell dari UB40 menceritakan bahwa ini terasa seperti momen spesial karena band reggae ini memainkan pertunjukan pertama mereka di Camden dan sekarang mereka menerima penghargaan di tempat yang sama.

“Kembali ke Camden sungguh menyenangkan… Saya sangat bangga dengan penghargaan ini. Saya juga bangga dengan peran yang saya mainkan dalam mempromosikan musik yang saya sukai.. reggae. Kami memulai UB40 dengan tujuan tersebut. Tujuan kami adalah untuk mempromosikan reggae. Dan reggae kini menjadi musik paling berpengaruh di dunia. Musik dance kontemporer yang sedang booming saat ini, semua teknik produksinya berasal dari reggae. Jadi itu adalah hal yang indah. Cinta yang begitu besar untuk semua orang. Terima kasih atas penghargaan ini. Dan hormat," kata Campbell.

Sementara itu, selama upacara pelantikan Joplin, saudara laki-lakinya Michael Joplin mengingat kenangan penampilan spesial saudara perempuannya di Inggris.

“Baru kemarin, saya dan istri saya keluar untuk jalan-jalan pagi mencoba mengatasi jet lag. Dan kami berakhir di Royal Albert Hall. Saya berdiri di tangga sambil mengingat salah satu surat yang dia tulis ke rumahnya tentang penjualan (tiket pertunjukan di) Albert Hall, dan betapa bangganya dia, sungguh gembira. Saya berdiri di tangga, dan saya masih bisa merasakan kegembiraan dan kebanggaannya. Dan saya sangat menikmatinya. Itu adalah momen yang luar biasa,” papar dia.

Penerima Walk Of Fame Musik Inggris lainnya termasuk Gordon Mac (Pendiri Kiss FM), Paul 'Trouble' Anderson, The Sugarhill Gang, Eddy Grant, Buzzcocks, Billy Bragg, Shalamar dan The Kinks. Upacara mereka akan berlangsung selama sisa minggu ini, menjelang Festival Musik Camden tahunan yang pertama pada Sabtu, 9 September.

Tahun lalu, David Bowie dianugerahi batu di jalan yang didambakan itu. Di antara mereka yang memberikan penghormatan kepada mendiang inovator tersebut adalah drumer Spiders From Mars, Woody Woodmansey.

“Ini merupakan tonggak lain bagi warisannya pada musik, film, video, dan semua yang dia lakukan untuk budaya,” kata Woodmansey kepada Reuters.