Bagikan:

JAKARTA - Doja Cat dan band metal Jerman, Chaver memiliki artwork sampul album yang hampir sama. Kedua album tersebut juga dijadwalkan tiba pada hari yang sama. Kok bisa?

Doja Cat melalui media sosial pada Selasa, 29 Agustus mengungkap album Scarlet yang akan dirilis pada 22 September. Ini adalah tindak lanjut dari album Planet Her (2021).

Dia membagikan sampul album tersebut di postingan media sosial yang telah dihapus, yang menampilkan arakhnida ungu-merah muda dengan setetes darah di atasnya.

Segera terungkap bahwa sampul album baru Chaver untuk album mereka, Of Gloom – yang diumumkan pada 29 Juli dan juga akan dirilis  22 September – hampir persis sama, kecuali bentuk tetesan darah dan posisi kaki laba-labanya.

Silakan lihat dan bandingkan kedua artwork di bawah:

Artwork sampul album Doja Cat (Instagram)
Sampul album Chaver (Instagram)

Menurut laporan, sampul tersebut dibuat oleh seniman yang sama, Dusty Ray, namun belum jelas bagaimana karya seni tersebut bisa tumpang tindih. Tampaknya, sang seniman menyadari soal kesamaan kedua sampul album tersebut, di mana Consequence melaporkan bahwa mereka sebelumnya membagikan gambar sampul milik Doja Cat di X (sebelumnya Twitter).

Mengumumkan Of Gloom pada bulan Juli, Chaver memuji sampul yang dibuat dengan "ahli" oleh Ray yang "telah bersama kami sejak album pertama kami", menambahkan bahwa sampul tersebut "berfungsi sebagai kontras yang menawan dengan musik intens album, mengatur suasana panggung untuk perjalanan ke tempat yang sakit”.

Lantas bagaimana kelanjutannya? Apakah salah satu artis ini harus mengalah dan mengganti artwork sampul album mereka? Beberapa jam kemudian, Doja Cat mengunggah artwork baru dari sampul albumnya dan menyertakan keterangan: "SCARLET 9.22 (updated cover)."