Bagikan:

YOGYAKARTA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara pada Kamis, 17 Agustus 2023 kemarin dimeriahkan oleh empat penyanyi perempuan. Salah satunya adalah jawara Indonesia Idol 2023, Salma Salsabil.

Salma yang tampil jelang upacara penurunan bendera, berhasil membuat publik terkagum-kagum saat menyanyikan Simfoni Raya Indonesia ciptaan Guruh Soekarno Putra.

Nah, bagi yang penasaran dengan sosoknya, VOI telah merangkum informasi tentang profil Salma Salsabil. Baca terus untuk mengetahuinya.

Profil Salma Salsabil

Salma Salsabil merupakan penyanyi muda berbakat kelahiran Probolinggo, Jawa Timur pada 12 Februari 2022.

Sebelum terkenal, pemilik nama asli Salma Aliyyah Putri Mandaya ini sudah sering mengikuti ajang pencarian bakat saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Ketika berusia 10 tahun, Salma pernah mengikuti ajang pencarian bakat Idola Cilik season 4.

Salma masuk ke grup 7 dengan menyanyikan lagu Tendangan dari Langit milik band Kotak.

Ia pun akhirnya masuk ke babak 10 besar. Akan tetapi, langkahnya menjadi ‘idola cilik’ terhenti di babak 9 besar.

Selain Idola Cilik, ia juga pernah menjadi kontestan The Voice Kids Indonesia Season 1, Rising Star Indonesia Season 2, The Voice Indonesia Season 3.

Di akhir masa remajanya, Salma menjadi populer. Ia berhasil menyita perhatian publik lewat aksinya di ajang Indonesian Idol musim ke-12.

Usianya baru 20 tahun ketika mengikuti audisi. Akan tetapi, Salma mendapat beragam sanjungan dari keempat Juri Indonesian Idol, yakni Rossa, Judika, Bunga Citra Lestari dan Anang Hermansyah.

Ketika itu ia menyanyikan lagi milik Goo Goo Dolls yang berjudul Iris. Rossa memuji dirinya karena cara bernyanyinya penuh dengan muatan pesan, sehingga tak hanya Rossa tapi semua juri terkesan.

Tak cukup sampai disitu, dalam penampilan lainnya di ajang yang sama, Salma selalu menginterpretasikan lagu-lagu dari berbagai genre.

Dara 21 tahun ini juga mampu menyampaikan emosi kepada para pendengar. Keahliannya dalam bermusik juga sudah ia pelajari sejak kuliah.

Saat ini, Salma sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswi Fakultas Penyajian Musik di Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta.

Salma mengaku, semasa kecil ayahnya selalu mendukungnya di bidang apapun, termasuk musik.

"Papah itu selalu support aku di bidang apapun. Entah itu taekwondo, renang, dan musik," kata Salma sebelum pementasan Spectacular Show 4 Indonesian Idol 2023, dikutip VOI.

"Bentuk support papah dalam musik itu salah satunya ya kayak membelikan gitar, bass, drum, dan yang paling aku senangi dia bikinin aku studio musik yang buat aku jadi fokus bikin konten," sambung dia.

Demikian informasi tentang profil Salma Salsabil. Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di VOI.ID.