Bagikan:

JAKARTA - Penghormatan untuk mendiang penyanyi Sinead O'Connor muncul di puncak tebing di Irlandia, tak lama sebelum iring-iringan pemakaman sang penyanyi berlangsung.

Berita bahwa penyanyi dan aktivis itu meninggal pecah bulan lalu, 26 Juli, setelah dia ditemukan tidak responsif di rumahnya di London.

Sinead dinyatakan meninggal di tempat kejadian, berusia 56 tahun.

Berita duka itu datang satu tahun setelah kematian putranya Shane, yang meninggal karena bunuh diri.

Sejauh ini, tidak ada penyebab kematian Sinead yang diumumkan, meskipun polisi memastikan bahwa keadaan tersebut tidak dianggap mencurigakan.

Kini, penghargaan yang mengharukan untuk sang seniman dipasang di tebing yang menghadap ke kota pantai Bray, yang berada tepat di selatan Dublin.

Pesan itu menunjukkan kata-kata 'Eire', nama Irlandia untuk Irlandia, dan 'Sinéad' digabungkan dengan hati.

Penghormatan ini tiba tepat sebelum iring-iringan pemakaman Sinead melewati kota Irlandia, tempat ribuan orang berkumpul dan berbaris di jalan untuk memberikan penghormatan kepada seniman berpengaruh itu.

Rincian pemakamannya dibagikan pada Senin kemarin, dan penggemar diundang untuk mengucapkan "selamat tinggal terakhir" saat prosesi mengikuti rute di sepanjang tepi laut di Bray, County Wicklow, dan melewati rumah tempat tinggal Sinead selama 15 tahun. 

Selasa pagi, iring-iringan dimulai di Harbour Bar di ujung Strand Road berlanjut ke ujung Strand Road dan akan diakhiri dengan upacara pemakaman pribadi.

BBC melaporkan – yang juga membagikan rekaman langsung prosesi tersebut – ribuan orang berjalan di belakang mobil jenazah Sinead, beberapa di antaranya melemparkan bunga, beberapa lainnya menundukkan kepala.

Media tersebut juga menyatakan bahwa paduan suara dari hit ikoniknya Nothing Compares 2 U dapat didengar di mana-mana, sementara tepuk tangan tetap konstan. Area paling ramai terlihat di luar bekas rumah Sinead, yang menghadap ke tepi laut.