Konser <i>Tribute</i> Taylor Hawkins Dinominasikan untuk Emmy Awards
Taylor Hawkins (Instagram @foofighters)

Bagikan:

JAKARTA - Konser tribute Taylor Hawkins dinominasikan untuk Emmy Awards. Ini adalah salah satu dari lima nominasi dalam kategori "Outstanding Sound Mixing For A Variety Series Or Special".

Disutradarai oleh Joel Gallen dan diproduksi oleh Emer Patten untuk EP-PIC Films & Creative, konser tersebut direkam secara langsung pada 3 September 2022 di Stadion Wembley di London.

Acara ini bersaing dengan U2 Bono & The Edge: A Sort Of Homecoming With Dave Letterman, Elton John Live: Farewell From Dodger Stadium, The 65th Annual Grammy Awards, dan Saturday Night Live.

Hawkins, yang bermain drum dengan Foo Fighters dari tahun 1997, meninggal pada Maret 2022 dalam usia 50 tahun.

Konser yang tiketnya terjual habis ini menjadi tuan rumah bagi 90 ribu orang di dalam stadion dan siaran langsungnya ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Konser penghormatan enam jam ini menampilkan Foo Fighters bersama teman-teman Hawkins, orang-orang sezaman, dan putranya yang saat itu berusia 16 tahun, Shane.

Liam Gallagher memulai persembahan musik malam itu, membawakan dua lagu klasik Oasis dengan anggota Foo Fighters, sementara Chad Smith dari Red Hot Chili Peppers berbagi cerita video yang menyentuh.

Belakangan, putri remaja Grohl, Violet, naik ke panggung untuk membawakan lagu-lagu Jeff Buckley, ditemani oleh ayahnya, Queens Of The Stone Age dan Alain Johannes dari Them Crooked Vultures dan Chris Chaney dari Jane's Addiction.

Malam itu menjadi saksi Them Crooked Vultures bersatu kembali untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, sementara Supergrass membawakan tiga lagu untuk "penggemar berat" mereka, Hawkins.

Lars Ulrich dari Metallica dan Brian Johnson dari AC/DC bergabung dalam dua lagu cover AC/DC, sementara Mark Ronson dan Violet Grohl mengcover lagu Valerie.

Brian May dan Roger Taylor dari Queen kemudian bergabung dengan Foo Fighters untuk lima lagu, sementara Joe Walsh dari The Eagles memimpin reuni James Gang dalam penampilan live pertama mereka dalam 16 tahun.

Menyebut mereka sebagai "satu band yang selalu saya kaitkan dengan Taylor Hawkins", Grohl bergabung dengan anggota Rush yang masih hidup – Geddy Lee dan Alex Lifeson – di atas panggung untuk membawakan beberapa hits terbesar legenda progressive rock tersebut.

Set terakhir malam itu menampilkan Paul McCartney, Travis Barker, Nandi Bushell, Rufus Taylor (putra Roger Taylor), Josh Freese dan Devo bergabung dengan Foo Fighters membawakan lagu Times Like These, All My Life, The Pretender, Monkey Wrench, Learn to Fly, These Days, Best Of You, Aurora, My Hero, dan Everlong.