Bagikan:

JAKARTA - Distributor piringan htam independen dan toko album fisik Unearthed Sounds menyatakan tutup pada 31 Juli mendatang.

Manajemen perusahaan piringan hitam ini mengungkap sejumlah faktor yang berkontribusi atas ditutupnya bisnis mereka, antara lain dampak Brexit, pandemi Covid-19 dan krisis biaya hidup.

Perusahaan yang berbasis di Dorset, yang berspesialisasi dalam musik dansa, membagikan berita tersebut dalam sebuah pernyataan yang diposting ke media sosial mereka pada 5 Juli, yang terjadi setelah "musyawarah internal yang tak terhitung jumlahnya".

“Dengan berat hati kami harus berbagi berita sulit dengan Anda semua,” pernyataan itu mengawali.

“Ini merupakan keputusan yang sangat menantang untuk dibuat, keputusan yang telah diambil tidak dianggap enteng. Selama beberapa bulan terakhir, kami telah terlibat dalam banyak diskusi, rapat perencanaan, dan mencari saran eksternal.

"Sayangnya, mengingat iklim keuangan saat ini dan dampak yang bertahan lama dari pandemi COVID-19, Brexit, dan Krisis Biaya Hidup, yang dimilikinya menjadi jelas bahwa melanjutkan operasi kami sama sekali tidak layak.

“Penting untuk menyadari bahwa cobaan yang kita hadapi tidak eksklusif Unerthed Sounds sendirian. Industri musik, bersama banyak lainnya bisnis, sangat terpengaruh selama masa-masa sulit ini.

"Namun, terlepas dari perjuangan bersama, kami tetap berharap komunitas musik akan beradaptasi dan bertahan, menemukan cara baru untuk menyatukan seniman, label, dan penggemar musik sama-sama."

Perusahaan ini juga menyatakan "rasa terima kasih yang terdalam" kepada "staf kami yang setia, label setia, toko rekaman, dan pelanggan yang kami hargai", membagikan ucapan terima kasih dari "lubuk hati kami".

Kemudian, “Bersama-sama, kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami untuk melayani komunitas musik dansa, dan merupakan hak istimewa mutlak untuk melakukannya.

“Sepanjang perjalanan kami, kami telah menyaksikan keindahan musik sebagaimana adanya berkembang dan menyebar, menyaksikan genre baru terbentuk, terobosan seniman berbakat, dan tim kami yang luar biasa berkembang menjadi individu yang luar biasa seperti sekarang ini. Tidak ada kekurangannya selain menakjubkan.

“Kami akan membawa kenangan berharga yang tak terhitung jumlahnya, kegembiraan terhubung dengan Anda masing-masing, dan dampak abadi Unearthed Sounds dalam hidup kita.

Mundur ke tahun 2021, artis dan label independen mengatakan kepada NME bahwa Brexit memiliki dampak yang "keterlaluan" dalam pengiriman musik dan merchandise ke dan dari Eropa.

Catherine Anne Davies, alias The Anchoress, mengatakan bahwa “pesanan ke Eropa anjlok dalam hal jumlah penjualan. Biaya impor tambahan terlalu tinggi bagi kebanyakan orang”.

Itu terjadi sebagai krisis global dan beberapa label dan artis tidak dapat mencetak album piringan hitam paling cepat hingga tahun 2023.

Awal tahun ini, terungkap bahwa piringan hitam terjual lebih banyak dari CD untuk pertama kalinya dalam 35 tahun. Desember juga menandai minggu penjualan piringan hitam terbesar di AS sejak 1991.