Courtney Love Ungkap Lirik Lagu <i>Smells Like Teen Spirit</i> yang Belum Dipublikasikan
Courtney Love (Instagram @_.courtneylove._)

Bagikan:

JAKARTA - Courtney Love membagikan beberapa lirik yang tidak dipublikasikan yang ditulis Kurt Cobain untuk hit terbesar Nirvana, Smells Like Teen Spirit.

Vokalis The Hole itu mengambil bagian dalam podcast Rob Harvilla 60 Songs That Explain The 90s ketika dia berbagi anekdot tentang hubungannya dengan Kurt Cobain, dan beberapa lirik yang ditulis penyanyi itu untuk lagu Nirvana yang paling terkenal.

Episode yang dimaksud adalah episode pertama Harvilla, setelah absen selama tiga bulan. Mengambil bagian sebagai tamu untuk episode tersebut, Love menjelaskan bagaimana dia menjadi penggemar podcast, dan memberikan wawasan kepada penggemar tentang proses penulisan pentolan Nirvana tersebut.

Bersamaan dengan banyak anekdot - termasuk bagaimana Cobain menulis lagu tahun 1993 Dumb hanya dalam 20 menit ketika pasangan itu berada di Amsterdam - Love juga membagikan beberapa ide liriknya yang tidak dipublikasikan, awalnya ditulis untuk apa yang akan segera menjadi Smells Like Teen Spirit.

“Beberapa di antaranya ada di jurnal ini, dan beberapa di antaranya tidak diterbitkan,” jelasnya, sambil membacakan beberapa lirik. “Come out and play / make up the rules / I know I hope / to buy the truth / who will be the king and queen / of all the outcasted teens” before the chorus kicks in: “We’re so lazy / and so stupid / blame our parents / and the cupids / a deposit, for a bottle / stick it inside / no role model."

Dia kemudian membacakan draf kedua dari lirik tersebut: “We merge ahead this special day / this day giving amnesty to sacrilege” / “A denial / and from strangers / a revival / and from favours / here we are now / we’re so famous / here we are now / entertain us.”

Di sini, pembawa acara mencatat bagaimana hanya sekitar lima dari baris asli ini yang berhasil membuatnya menjadi versi final dari lagu tersebut - yang merupakan single utama dari album 1991 mereka Nevermind.

Mengonfirmasi bahwa versi resmi dari lagu tersebut adalah "lagu yang berbeda" baginya dari yang terlihat di lirik demo, Love menambahkan: "Satu-satunya konsistensi yang dipertahankan adalah: ‘load up on guns and bring your friends’, dan ‘little group has always been and always will until the end’, itu saja."

Dia juga menjelaskan bahwa dia berharap dia akan mempertahankan baris lirik: “Who will be the king and queen / of all the outcasted teens”, menyatakan bahwa itu akan "membantu hidup saya sedikit lebih baik, mengambil kotoran yang saya dan putri saya miliki,” berpotensi menyinggung kritik yang dia terima setelah kematian Cobain pada tahun 1994.

Terkait