Fourtwnty Rilis Video Klip <i>Larasuka</i> Garapan Drumer Seringai 
Fourtwnty (Dok. Fourtwnty)

Bagikan:

JAKARTA - Video klip Larasuka dari Fourtwnty sudah tersedia di kanal YouTube Fourtwnty Music mulai hari ini, Kamis, 20 April 2023. Video ini disutradari oleh Edi Khemod, drumer Seringai.

Larasuka didapuk menjadi sebuah focus track dari album terbaru Fourtwnty bertajuk Nalar yang akan dirilis dalam waktu dekat. Nalar dipandang sebagai sebuah pencapaian musik Fourtwnty baik secara gagasan dan estetika bermusik. Album ini merupakan tindak lanjut dari Lelaku (2015) dan Ego & Fungsi Otak (2018).

Lagu Larasuka sendiri liriknya ditulis oleh Ari Lesmana, aransemen dilakukan bersama Nuwi, Ari, dan juga Andi Armand sebagai produser. Lagu ini menceritakan fenomena-fenomena kehidupan yang dekat dengan kisah sehari-hari, ada kesedihan yang disembunyikan di balik sebuah senyum kebahagiaan.

Tema lagu ini tergambar baik dari visual yang ditampilkan di video musik yang digarap oleh Cerahati. Dengan cermatnya, Edy Khemod sebagai sutradara mampu membedah inspirasi yang lahir dari Larasuka, ia merasa bahwa inspirasi ini jadi tantangan tersendiri bagi dirinya untuk menuangkannya dalam bentuk visual.

“Kalau segi konsep sebenarnya, begitu kita ngebaca liriknya kita nemu persamaan simbolisasinya dengan satu fenomena sosial yang ada di kita yaitu pengamen berbaju boneka itu. Di dalam lirik ‘tertawa luarku, menangis dalamnya, tak ada yang tahu, cuma aku’, kita menemukan kemiripan secara simbolik," ungkap Khemod dalam keterangan resmi yang diterina meja redaksi.

Sebuah kostum khusus disiapkan untuk dipakai Ari Lesmana yang ditunjuk sebagai pemeran utama video musik Larasuka ini. Ari berkeliling menjadi badut dan berakhir di sebuah bus kosong, tempat di mana ia duduk merenung dan menangisi hari.

Ditunjuknya Ari sebagai pemeran utama sekaligus jadi pengalaman perdana bagi dirinya sebagai talent video klip Fourtwnty. Permintaan ini datang dari Edy Khemod langsung yang tertarik mengeksplorasi Ari sebagai pencipta lagu Larasuka untuk dapat ‘menampilkan ulang’ dalam simbol gerak dan ekspresi tubuh yang mana berhasil menyempurnakan video klip ini.