Cara Berita Angkasa Merespons Pandemi: Mendebut Album Kompilasi "Adiksi Adaptasi"
Adiksi Adaptasi (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Berita Angkasa merilis album kompilasi bertajuk "Adiksi Adaptasi". Dalam proyek ini, label rekaman asal Jakarta menggandeng musisi lintas genre, seperti Arya Novanda, Rizkia Larasati, taRRkam, Batavia Collective, Morad, Kamga, Ether, Sapphira Singgih, serta Rafi Muhammad. Album kompilasi ini dirilis bertepatan dengan ulang tahun kelima Berita Angkasa.

Melihat kiprah Berita Angkasa sejauh ini, cukup mengejutkan juga melihat rangkaian kata dalam rilis pers yang menyebut "Adiksi Adaptasi" sebagai album kompilasi pertama yang mereka rilis.

Dalam proyek ini, Berita Angkasa merilis materi musik mereka di berbagai music streaming platform. Selain itu, mereka juga merilis sebuah kompilasi video. Klip video berdurasi 31.17 menit dibagi menjadi tujuh materi berbeda yang menampilkan klip video dari tiap-tiap nomor dalam "Adiksi Adaptasi".

Arya Novanda dan Rizkia Larasati mengisi nomor pertama lewat lagu Shinny Gold. Selanjutnya, "festival" disambung oleh Sapphira Singgih (Penumbra), Batavia Collective ft Kamga (Affirmation), taRRkam (Wanita Ekstasi), Morad (If Tomorrow I'm Losing You, Ether (Di Selatan), sebelum ditutup oleh Rafi Muhammad ft Kevin Suwandhi dan Randy MP dengan lagu Pandemic Remix.

Rizma Arizky, pimpinan Berita Angkasa menuturkan proses unik nan simpel dalam kurasi. Tak banyak neko-neko, kata Rizma. "Kalau kami suka, ya sikat saja. Yang penting jumlah lagunya enggak terlalu banyak."

Sisi menarik lain, dari seluruh penampil dalam album, Berita Angkasa hanya melibatkan dua musisi yang secara resmi berdiri di bawah naungan mereka: Sapphira Singgih dan Rafi Muhammad. Pun jika menghitung nama drumer Kelompok Penerbang Roket, Viki Vikranta yang muncul lewat proyek solonya, Ether.

Menurut Rizma, hal itu disengaja. Mereka ingin album kompilasi ini lebih terbuka. "Gue mau album ini terasa nongkrongnya. Enggak Berita Angkasa-Sentris," kata Rizma dalam rilis pers yang diterima VOI beberapa waktu lalu.

Di luar segala konteks materi, secara nilai, album "Adiksi Adaptasi" merupakan cara Berita Angkasa merespons segala keterpurukan di tengah masa pandemi. Dengarkan saja seluruh materi album yang terasa begitu baik sebagai satu rangkaian menemani hari-hari isolasi.