Widi Puradiredja: Lagu <i>Untitled</i> Itu Sebenarnya Tidak Memiliki Judul
Widi Puradiredja (Instagram @widipuradiredja)

Bagikan:

JAKARTA – Widi Puradiredja menyampaikan, salah satu lagu hits milik Maliq & The Essentials, Untitled, pada awalnya tidak memiliki judul. Hal ini ia sampaikan dalam sesi wawancara bersama Iyas Lawrence di kanal YouTube Makna Talks beberapa waktu lalu.

“Lagu Unititled itu sebenarnya judulnya bukan itu. Tapi Track 14. Enggak ada judulnya. Jadi ini tuh awalnya enggak masuk album. Terus produser kita waktu itu mengharuskan lagu itu masuk ke album pertama,” ujarnya.

“Kenapa waktu itu enggak mau dimasukkan ke dalam album, karena pertama gua yang disuruh nyanyi, kedua ya dulu album pertama ingin gaya-gayaan terus tiba-tiba ada lagu pop jadi enggak keren dong. Walaupun itu lagu paling jujur karena enggak ada tendensi apapun saat membuat. Pada akhirnya masuk ke dalam album,” lanjutnya.

Setelah itu, drumer Maliq & The Essentials itu menambahkan, lagu tersebut baru memiliki judul saat mulai banyak permintaan dari penonton ketika tampil di berbagai panggung.

“Saat sudah berjalan itu tampil di berbagai panggung, orang sering request. ‘Track 14! Lagu yang enggak ada judulnya dong’. Ya sudah, mulai saat ini judulnya Untitled ya,” ucapnya.

Bahkan, jauh sebelum itu, Widi mengatakan bahwa lagu tersebut diberi judul Ketika.

“Nah, sebenarnya lagi tuh judulnya Ketika. Jadi yang sampai sekarang bilang judul lagu itu Ketika tuh bokap gua saja,” tuturnya.

Kemudian, Iyas Lawrence menimpali jawaban tersebut.

“Wah, padahal asumsi orang terhadap lagu Untitled itu adalah soal hubungan yang tidak ada judulnya loh,” jelasnya.

Lalu, Widi merespons ujaran Iyas Lawrence.

“Iya, tapi awalnya ya memang seperti yang gua ceritakan tadi,” pungkasnya.