Bentuk Kontemplasi Ranjani dalam EP <i>Hening Bersuara</i>
Ranjani (Dok. Ranjani)

Bagikan:

JAKARTA - Ranjani merilis EP (album mini) perdananya bertajuk Hening Bersuara di berbagai layanan digital streaming pada 17 Maret lalu.

EP yang berisikan empat trek ini merupakan hasil perbincangan antara dia dengan dirinya sendiri. Bisa dibilang, berbagai karya ini lahir dari beberapa momen perkenalan dirinya yang lebih dalam.

Empat lagu itu di antaranya yakni bercerita soal orang-orang di sekitarnya yang semakin tidak peduli dengan makhluk lain di dalam lagu Rumah Ibu, Kepak Gagak, dan Perahu Kertas.

Kemudian, ditutup dengan Tercerahkanlah yang berkisah tentang doa dan harapan untuk diri sendiri serta orang lain yang sudah melewati momen sulit.

Ranjani menceritakan, proses yang ia alami dalam EP ini ia lakukan dengan cara berdiam diri dalam keheningan, berbincang dengan dirinya, dan mencari pembelajaran yang bisa ia ambil dalam kejadian sehari-hari.

“Gue suka banget sama momen ini karena di sini gue bisa deep talk sama diri gue sendiri, lebih kenal diri gue lagi, mikirin learnings gue dari kejadian sehari-hari, dan nggak jarang akhirnya yang muncul perasaan-perasaan atau pemikiran menarik,” cerita Ranjani dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Penggarapan EP ini turut dibantu Eky Rizkani (pengisi hampir semua instrumen), Yana Septilia (biola), dan Zetta Hannany (penulis lirik).

Ranjani berharap, lagu-lagunya bisa menjadi teman bagi orang-orang yang sedang rapuh.

“Semoga lagu-lagunya bisa bikin ngerasa nggak sendiri lagi,” tutup Ranjani.