<i>Merayakan Fana</i>, Refleksi Kedewasaan Barasuara dari Sisi Kreativitas
Barasuara (Dok. Barasuara)

Bagikan:

JAKARTA - Barasuara kembali hadir dengan single baru, Merayakan Fana.

Grup yang digawangi oleh Iga Massardi (vokal, gitar), Marco Steffiano (drums), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bass), Puti Chitara dan Asteriska (vokal), menjadikan Merayakan Fana sebagai babak berikutnya dalam perjalanan mereka.

Gerald Situmorang mengungkapkan lagu ini menjadi spesial karena rancangannya berkembang dan bertumbuh disesuaikan kebutuhan. Diawali dari petikan gitar sederhana, lagu itu dikembangkan agar bisa disempurnakan dengan orkestra.

Tak main-main, Barasuara menyempurnakan sentuhan orkestra dengan menggaet Erwin Gutawa.

"Tiba-tiba kepikiran pakai orkestra. Lagunya sendiri belum sepenuhnya jadi, tapi gue kontak Erwin Gutawa. Dia menyambut, akhirnya berlanjut. Dari awal sampai kita rekaman bagian orkestranya, perlu waktu lebih dari satu tahun,” ujar Gerald Situmorang dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Rabu.

Sebagai lagu yang menandakan perjalanan satu dekade Barasuara, lagu ini juga ikut merefleksikan pertumbuhan dan perkembangan Barasuara.

Mereka yang saat ini sudah lebih paham perannya masing-masing dalam menciptakan karya dan komposisi yang tepat.

“Ini hal yang bagus di mana akhirnya saya membagi peran dan mengurangi dominasi penulisan lagu. Yang lain sekarang bisa sumbang peran di sisi artistik. Di setiap belokan aransemen-nya akan ada belokan mencolok. Kita sama-sama bisa lihat dramaturgi yang mood-nya berubah-ubah sesuai kebutuhan. Lagunya hampir tidak ada pengulangan secara utuh," Iga Massardi menimpali.

Sementara itu, Putri Chitara sebagai vokal Barasuara mengatakan Barasuara kali ini lebih tenang, namun musiknya makin kencang baik dari tema dan pemaknaannya.

Merayakan Fana menjadi karya pertama yang dihadirkan Barasuara setelah empat tahun lalu merilis album kedua mereka Pikiran dan Perjalanan. Lagu ini kini sudah dirilis dan dinikmati di berbagai digital streaming platform di Tanah Air.