Konser NCT 127 Hari Kedua Tetap Digelar, Polisi Berikan Syarat Baru ke Pihak Promotor
Sarly Sollu (Jehan/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Konser NCT 127 hari kedua tetap digelar sesuai jadwal pada hari ini, Sabtu, 5 November. Konser hari pertama yang harus dihentikan membuat pihak kepolisian akan memperketat keamanan.

“Kita tetap memberikan izin kepada pelaksana atau promotor tapi ada beberapa syarat yang harus kita benahi,” kata Kapolres Tangsel, AKBP Sarly Sollu, dalam keterangannya kepada wartawan.

Salah satunya adalah jarak panggung dengan penonton akan dilebarkan untuk menghindari penonton yang ingin mendekat ke panggung. Diketahui hal itu menjadi salah satu sumber kerumunan tidak terkontrol pada hari pertama konser digelar.

“Jarak dari panggung dengan penonton dilebarkan supaya tidak ada euforia yang berlebihan untuk mendekat ke panggung,” katanya.

“Dari segi keamanan ada penambahan (anggota) di sekitar panggung. Kita juga tetap memberi tahu audiens untuk supaya tetap tenang dan tidak ada desakan untuk maju,” lanjutnya.

Pihak paramedis juga akan bertambah untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti konser hari pertama.

“Tim medis dengan baik sudah disiapkan promotor. Kita dari Polri menyisipkan tambahan. Jadi jika nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa mengantisipasi lebih cepat,” katanya.

Hal ini sesuai dengan pernyataan promotor Dyandra Global. Mereka akan meningkatkan keamanan dan memperbanyak paramedis. Diketahui sebanyak 30 orang pingsan dari hari pertama konser NCT 127.

Berawal dari banyaknya penonton yang hendak maju mendekat ke panggung, hal ini menyebabkan kerumunan tidak bisa terkontrol. Para penonton saling mendorong di salah satu kategori Standing.

Para anggota NCT 127 yang melihat kejadian itu sudah memperingatkan penggemar, namun penggemar nampaknya lupa dengan keamanan mereka. Beberapa penonton pun jatuh karena terdorong.

“Pukul 21.20 WIB, kami dari Polres menghentikan kegiatan konser NCT ini. Kami melihat ada beberapa penonton yang mengalami kelemasan dari pada fisik hingga pingsan dan harus diberikan oksigen,” jelas pihak Kapolri.

“Terjadi desak-desakan di mana mereka menunjukkan sikap fanatikanya terhadap artis sehingga mereka lupa dengan keamanan mereka. Kita khawatir, semakin majunya penonton nanti timbul korban yang berakibat fatal. Sehingga dengan itu, kita hentikan konser pukul 21.20 yang dimulai pada 19.00 WIB,” katanya.

NCT 127 mengunjungi Jakarta dalam gelaran tur dunia NEO CITY: THE LINK. Konser ini digelar selama dua hari yaitu 4-5 November 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.