Misteri Lagu Langka Rolling Stones yang Muncul di YouTube Lalu Hilang
Rolling Stones (Twitter @rollingstones)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah koleksi yang terdiri dari rekaman-rekaman langka dari Rolling Stones dipublikasikan di YouTube pada pekan lalu. Tapi, lantas dihapus secara misterius dalam beberapa jam.

Sesaat sebelum tengah malam pada tanggal 31 Desember, akun YoTube bernama 69RSTRAX mem-posting koleksi dari 75 lagu langka Rolling Stone yang meliputi studio out-takes dan pertunjukan langsung ke akun YouTube-nya, tanpa komentar atau penjelasan. Beberapa jam kemudian, pada tanggal 1 Januari, akun tersebut mengubah semua setelan video menjadi 'private' 

Tidak adanya petunjuk langsung tentang identitas pengunggah, alamat email yang diamanatkan YouTube untuk 69RSTRAX mengarahkan pertanyaan bisnis kepada ABKCO, sebuah perusahaan penerbitan musik yang memiliki hak atas sejumlah besar rekaman awal Rolling Stones.

Menurut Variety, penerbitan lagu-lagu tersebut mungkin merupakan upaya untuk menghindari undang-undang hak cipta Uni Eropa dan menjauhkan mereka dari domain publik pada peringatan 50 tahun pembuatannya.

Sebagai informasi, rekaman suara dilindungi selama 50 tahun setelah dipublikasikan, dan dapat diperpanjang hingga 70 tahun selama dikomunikasikan secara sah kepada publik dalam 50 tahun pertama.

Adapun 75 trek yang dipublikasikan tersebut mencakup beberapa konser tahun 1969 yang hampir selesai dan beberapa versi studio alternatif lagu-lagu dari album Let It Bleed dan Sticky Fingers. Beberapa di antaranya memang sudah tersedia selama beberapa dekade dalam bootleg (rekaman tak resmi).

Sementara itu, baru-baru ini gitaris Ronnie Wood berpikir Rolling Stones "tidak dapat dihancurkan" setelah beberapa anggota selamat dari sakit. Wood mengalahkan kanker paru-paru pada tahun 2017 sementara drumer Charlie Watts mengalahkan kanker tenggorokan pada tahun 2006 setelah menjalani dua operasi. 

Awal tahun ini, pentolan Mick Jagger menjalani operasi jantung dan, pada 2006, Keith Richards menderita pendarahan otak setelah jatuh dari pohon. Tepat pada tahun ini, Rolling Stones berusia 58 tahun.