Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya melambatnya pasar mobil listrik di beberapa kawasan, pasar roda dua pun cukup lesu sejak awal tahun 2024. Hal ini dialami Pierer Mobility Group (PMG), induk perusahaan dari KTM, Husqvarna, dan GasGas, serta pemilik 50,1 persen saham MV Agusta, mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan akibat penjualan yang melambat.

Jumlah karyawan yang di-PHK belum diumumkan secara spesifik. Langkah ini diambil setelah sebelumnya PMG mengalami peningkatan jumlah karyawan secara signifikan. "KTM bahkan telah menggandakan jumlah karyawannya dalam sepuluh tahun terakhir seiring dengan pertumbuhan angka penjualan," ungkap pernyataan resmi PMG.

"Pengurangan personel ini, setelah bertahun-tahun mengalami peningkatan jumlah karyawan, memang menyakitkan," lanjut pernyataan tersebut, dilansir dari Visordown, 22 Juli.

"Namun, hal ini diperlukan untuk mempertahankan dan mengamankan daya saing lokasi produksi kami."

PMG menyalahkan perlambatan penjualan pada tahun 2024 ini pada ketidakstabilan pasar di Eropa dan tingginya suku bunga di Amerika Serikat. Akibatnya, PMG mengurangi volume produksi di markas Austria. Sebagai gantinya, mereka akan lebih memanfaatkan kemitraan industri yang telah dikembangkan di China (dengan CFMoto) dan India (dengan Bajaj).

"Karena industri pemasok di Eropa yang semakin rapuh, Pierer Mobility Group memanfaatkan kondisi ekonomi yang menguntungkan di wilayah tersebut untuk mengamankan daya saingnya. Industri pemasok yang efisien dan berkualitas tinggi sedang dibangun di sana," lanjut pernyataan PMG.

PMG memperkirakan penurunan penjualan antara 10-15 persen pada tahun fiskal 2024. Mereka menambahkan bahwa langkah penghematan biaya (dengan mengurangi karyawan dan volume produksi Eropa) diharapkan memungkinkan mereka untuk mencapai titik impas atau bahkan menghasilkan laba sebelum pajak di tahun 2024.

"Dewan Eksekutif berasumsi bahwa penghematan biaya yang diterapkan pada tahun fiskal berjalan akan dapat mengimbangi dampak negatif dari penurunan penjualan sedemikian rupa sehingga EBIT (laba sebelum bunga dan pajak) yang seimbang hingga sedikit positif dapat dihasilkan," bunyi pernyataan tersebut.

Selain PHK di bisnis motor, Pierer Mobility Group juga diperkirakan akan mengurangi skala beberapa proyek balap motor mereka. Laporan media dari Kejuaraan Dunia Motocross (Motocross World Championship/MXGP) yang belum dikonfirmasi, menunjukkan bahwa Husqvarna, yang saat ini menurunkan satu motor di kelas MXGP untuk Mattia Guadagnini dari Italia, tidak akan hadir di MXGP tahun depan.