Bagikan:

JAKARTA - Produsen asal India Bajaj Auto resmi meluncurkan sepeda motor Compressed Natural Gas (CNG) pertama, yang hadir dalam tiga varian.

Mengutip dari laman Rushlane, Sabtu, 6 Juli, motor satu ini dirancang untuk mengubah permainan sepeda motor di India, dan diklaim menghemat biaya operasional sebesar 50 persen yang akan menjadi terobosan baru.

Secara desain, motor satu ini hadir dengan kombinasi motocross dan scrambler dengan kursi panjang yang menghadirkan kenyamanan, ditambah dengan suspensi mono link serta pencahayaan sepenuhnya sudah LED.

Freedom CNG dilengkapi dengan rangka kekar, dengan kombinasi pelek 17 inci serta hadir beberapa fitur menarik meliputi konektivitas bluetooth hingga layar digital yang memberikan ragam informasi kendaraan.

Secara mekanis, Freedom ditenagai oleh mesin 125cc berpendingin udara horizontal yang menghasilkan tenaga 9,3 hp dan 9,7 Nm serta dikawinkan dengan gearbox lima percepatan.

Tangki CNG yang terletak di bawah jok berkapasitas 2kg sedangkan tangki bensin tambahan mampu menampung 2 liter bensin, dan jangkauan gabungannya diklaim lebih dari 330 km.

Harga Bajaj Freedom mulai dari 95.000 rupee atau kisaran Rp18,4 jutaan yang hadir dengan beragam pilihan warna, meliputi Pewter Grey, Ebony Black, Racing Red, Cyber White dan Caribbean Blue.

Seperti diketahui, platform Compressed Natural Gas (CNG) merupakan gas alam yang dikompresi dan disimpan di dalam tangki. Ketika dipakai berkendaraan, gas tersebut dimasukkan ke dalam mesin yang nantinya bercampur dengan udara. Cara kerjanya tak berbeda dengan mesin pembakaran internal tenaga bensin.

Berdasarkan laporan dari Ride Apart, CNG ini diklaim lebih ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit polutan, serta memperpanjang usia mesin pembakaran internal.