Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi luncurkan All New Honda BeAT terbaru dengan berbagai peningkatan yang dilakukan, baik dari desain hingga fitur baru.

Namun demikian motor satu ini kini memiliki bobot keseluruhan yang lebih ringan, termasuk bobot mesin. Pengurangan bobot tersebut ternyata bukan tanpa alasan.

"Pendekatan yang kami ambil ada analisis terkait dengan profil yang lebih optimal. Terkait dengan engine kami mencoba mereview kembali secara keseluruhan dengan menggunakan analisis Computer Aided Engineering (CAE) hasilnya bobot mesin turun 400 gram," katanya, kepada awak media, Senin, 3 Mei.

Lebih lanjut ia mengungkapkan keluarnya angka 400 gram juga melihat kualitas, strange dan durabilitasnya yang memang dipertimbangkan dan paling ideal menyentuh angka tersebut.

Sementara itu, untuk model Honda BeAT Street terdapat penyesuaian di bagian suspensi dan secara keseluruhan rangka tidak ada perubahan.

"Itu dikarenakan Street pakai ring 12 dan ada penyesuaian suspensi," tambahnya.

5

Pengurangan bobot juga terjadi pada bagian kick arm atau kick starter dengan berat 1 kg. Namun hanya pada tipe Deluxe Smart Key dan BeAT Street. Honda juga mengganti handle bar bagian belakang yang tadinya menggunakan bahan Rubber Steel dengan Glass Fiber Reinforced Polypropylene, sehingga beratnya berkurang 600 gram.

Seperti diketahui, motor satu ini menggendong mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Model ini mampu menghasilkan tenaga 6,6kW pada 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm pada 5.500 rpm.

Menyoal harga, All New Honda BeAT tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp18.430.000, Tipe Deluxe Standard dipasarkan seharga Rp19.300.000 , sedangkan Tipe Deluxe Smart Key yang menjadi varian tertinggi di All New Honda BeAT hadir dengan harga Rp19.830.000. All New Honda BeAT Street dipasarkan dengan harga Rp19.300.000, semua harga di atas (On The Road Jakarta).