Bagikan:

JAKARTA - Dunia motor sportbike akan dapat menikmati inovasi terbaru dari Brembo, sang maestro sistem pengereman asal Italia. Kali ini, Brembo memperkenalkan Hypure, sebuah kaliper performa tinggi yang lebih efisien dari produk sejenis di pasaran.

Hypure, melansir MCN, 14 Mei, bukanlah sekadar kaliper Brembo biasa. Ia dirancang khusus untuk motor sportbike kelas atas, dan diklaim mampu memberikan akselerasi yang lebih cepat, handling yang lebih lincah, dan jarak pengereman yang lebih pendek. Bagaimana bisa? Rahasianya terletak pada bobotnya yang 10 persen lebih ringan dibandingkan kaliper terbaik saat ini.

5

Brembo Hypure tercipta berkat "kombinasi ajaib" dari keahlian Brembo dan perangkat desain terbaru. Aluminium didistribusikan ke posisi yang tepat untuk menjamin kekakuan yang sama dengan kaliper terbaik saat ini, sekaligus meningkatkan pertukaran panas dan mengurangi bobot total. Bentuk luarnya pun dioptimalkan untuk menghasilkan permukaan yang bersih dan tajam, sesuai dengan warisan sporty Brembo.

Keunggulan Hypure tak hanya terbatas pada bobotnya. Kaliper ini juga turut memperhatikan pengurangan penggunaan kampas rem. Sistem pegas/kampas/pen yang unik dan permukaan bantalan khusus antara kaliper dan kampas rem membuat Hypure lebih hemat kampas rem, sehingga penggantian kampas rem menjadi lebih jarang dan ramah lingkungan.

Brembo Hypure pertama kali akan debut sebagai perlengkapan standar pada motor sportbike performa tinggi yang masih dirahasiakan namanya. Namun, MCN memprediksi KTM 990RC R dan kemungkinan Yamaha R9 akan menjadi anggota baru keluarga motor supersport yang menggunakan Hypure di tahun 2025. Dengan perpaduan performa, efisiensi, dan desain yang memukau, Brembo Hypure siap mengantarkan motor sportbike ke level yang lebih tinggi.