Kumpulkan Data dan Percepatan Pengembangan CR Electric, Honda Ikut Ajang FIM E-Xplore
CR Electric. (Dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Honda Racing Corporation (HRC) resmi mengumumkan akan turut ambil bagian pada ajang balap FIM E-Xplore, sebuah seri balap sepeda motor listrik internasional dengan membawa CR ELECTRIC PROTO. 

Mengutip dari laman resmi Honda, Senin, 5 Februari, Koji Watanabe, Presiden Honda Racing Corporation, mengatakan sering dengan semakin pentingnya komitmen Honda terhadap netralitas karbon, HRC memutuskan untuk mengikuti FIM E-Xplorer World Cup, kategori baru balap sepeda motor off-road listrik di olahraga motor. 

"Dengan menerima tantangan seri balap sepeda motor listrik baru, HRC akan mengasah teknologinya di dunia nyata, mengumpulkan dan pengetahuan, serta lebih mempercepat pengembangan sumber daya manusia. Kami harap Anda menantikan upaya Honda," katanya. 

7

Nantinya, Tim HRC akan diwakili oleh pebalap Reli Dakar 2024 Tosha Schareina (Spanyol, usia 28) dan juara WMX Italia Francesca Nocera (Italia, usia 30). 

Seperti diketahui ini bukan kali pertama Honda mengikuti kejuaraan Motocross, sebelumnya melakukan debut kompetitif yang mengesankan di Putaran 8 Kejuaraan Motocross Seluruh Jepang pada akhir tahun lalu. Bahkan berhasil menyaingi mesin pembakaran internal 450 cc. 

Langkah ini juga dilakukan sesuai dengan komitmen perusahaan terhadap elektrifikasi sepeda motor, sebagai andalan strategi lingkungan masa depan pabrikan. 

Tujuannya bukan lain untuk mencapai netralitas karbon melalui semua produk, dan aktivitas perusahaan terkait Honda pada tahun 2050, dan di semua produk sepeda motor pada tahun 2040.

Tentang CR ELECTRIC PROTO

7

CR Electric Proto diluncurkan Honda di putaran kedua terakhir All Japan Motocross Championship 2023 pada bulan November tahun lalu.

Namun siapa menyangka motor serba listrik ini tampil di kejuaraan ini dengan baik melawan mesin-mesin motor berbahan bakar.

Menggunakan CRF250R / CRF250RX sebagai basisnya, CR Electric Proto setara dengan mesin tunggal DOHC 249cc bertenaga bahan bakar. Bedanya, motor ini dilengkapi motor listrik, pengontrol daya, dan baterai di antara rel rangka.

Sayangnya belum ada spesifikasi lengkapnya tapi salah satu situs yaitu Mugen, Shinden mengungkapkan bahwa motor listrik satu ini dibekali dengan baterai Lithium-ion 370 volt, yang mampu memuntahkan tenaga 160 hp dan torsi 210 Nm, membuatnya menawarkan tenaga yang instan.