Aprilia Uji Coba RS457 Versi Naked, Miliki Tampilan Lebih Retro
Aprilia RS457 versi 'naked' tengah diuji coba di Spanyol. (Dok. Motorcyclesnews) 

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan sepeda motor asal Italia Aprilia tengah mempersiapkan lebih banyak model yang akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang. Salah satunya RS457 versi ‘naked’ bergaya retro.

Ini dibuktikan dari tangkapan kamera yang menunjukkan mereka tengah menguji coba model tersebut dengan kondisi mesin terbuka dengan lampu depan bundar di jalan raya Spanyol. Hal menarik lainnya, desain dari motor ini terekspos sepenuhnya sehingga tidak ada stiker kamuflase menyelimutinya.

Menurut lansiran Motorcyclenews, Rabu, 3 Januari, Aprilia RS457 bergaya retro tersebut didasarkan pada rangka baja tubular terbaru dengan menampilkan cakram depan tunggal, bodywork terbaru, dan lampu depan bundar bergaya retro.

6

Sayangnya, motor tersebut masih dalam bentuk prototipe atau pra-produksi, sehingga ada kemungkinan desain dan komponennya dapat diubah. Meskipun beberapa komponen seperti knalpot memiliki desain lebih kasar dengan kondisi bodi yang diselimuti warna hitam, detail seperti kaca spion, tempat plat nomor, dan lampu depan sepertinya telah memasuki tahap final.

Dipastikan motor tersebut memiliki jantung pacu yang sama seperti RS457, yakni mesin parallel-twin 457 cc yang menghasilkan tenaga mencapai 47 bhp. Suspensinya sendiri akan menggunakan monoshock RS pada bagian belakang yang ditingkatkan.

Kemudian, bagian swingarm juga tampil berbeda. Selain itu, shock absorber tunggal dioperasikan pada sisi kanan yang dipasangkan antara swingarm dengan subframe terbaru di bagian belakang.

Kehadiran subframe terbaru ini untuk mengakomodasi sadel kembar yang lebih panjang, lebih rendah, dan juga seluruh bodywork belakang serta tangki bahan bakar. Sementara, sepatbor depan tampak identik dengan RS, namun hal ini masuk akal karena kedua mesin menggunakan pelek 17 inci.