Bagikan:

JAKARTA - Popularitas sepeda motor listrik telah melonjak di India dan negara-negara tetangga. TVS, salah satu produsen sepeda motor terbesar dan paling populer di India, melalui anak perusahaannya yang bergerak di balap, TVS Racing, baru saja mengumumkan peluncuran seri balap sepeda motor listrik pertama di India.

Inisiatif TVS ini akan dinamakan TVS Racing Electric One Make Championship, atau e-OMC. Seri balap ini akan berpusat pada platform sepeda motor listrik baru yang dikembangkan oleh TVS secara khusus untuk seri balapnya.

Sementara motor yang akan mengikuti lomba ini adalah Apache RTE, sepeda motor sport listrik ini semuanya akan dirancang dengan spesifikasi yang sama, sehingga kemenangan hanya bergantung pada keahlian pembalap.

TVS belum mengungkapkan dayanya, namun hanya menyatakan bahwa motor ini ditenagai oleh motor listrik berpendingin cair dengan pengendali berpendingin cair. Selain itu, paket baterai terbuat dari sel "daya tinggi."

Dilansir dari Rideapart, 21 September, dari foto yang beredar tampak motornya dilengkapi suspensi Öhlins, rem Brembo berukuran besar yang dipasang secara radial, dan ban Pirelli Corsa. Fairingnya juga terbuat sepenuhnya dari serat karbon.

4

TVS e-OMC baru akan membuat debutnya selama putaran keempat Indian National Motorcycle Racing Championship (INMRC). Balapan dijadwalkan dimulai pada 29 September 2023, dan delapan pembalap yang dipilih oleh TVS akan bersaing untuk meraih gelar.

“TVS Motor telah menjadi pelopor balap sejak kami memulai tim balap pabrik pertama di India. TVS Racing telah berperan penting dalam membuat motorsport menjadi sesuatu yang diidamkan namun dapat diakses oleh penggemar di seluruh negeri. Banyak teknologi yang kami pionirkan dalam mesin balap kami telah digunakan dalam kendaraan produksi kami, memberikan bentuk pada filosofi dari ‘lintasan ke jalan’,” ungkap Sudarshan Venu, Direktur Utama TVS Motor Company, dikutip dari Autocarpro India, 21 September.