Alva Motor Sukses Kumpulkan Dana Rp760 Miliar untuk Mendorong Kemajuan Kendaraan Listrik di Indonesia
Alva Cervo dipamerkan dalam Alva Experience Center di SCBD, Jakarta. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Ilectra Motor Group (IMG), pemegang merek Alva Motor, telah berhasil menyelesaikan pendanaan seri B yang mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizon Ventures.

Dalam putaran pendanaan ini, terdapat partisipasi dari investor-investor seperti HH-CTBC Partnership L.P., Foxconn Co-GP Fund, dan Brama One Ventures. Total dana yang berhasil dikumpulkan mencapai 50 juta dolar AS atau sekitar Rp760 miliar.

Dana yang berhasil terkumpul dari Seri B ini akan digunakan untuk mengembangkan produk Alva Motor dan memperluas jaringan layanan mereka untuk mencakup seluruh konsumen di Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di tanah air.

Purbaja Pantja, Direktur Utama dan CEO PT IMG, menyatakan bahwa Alva selalu berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas tinggi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia, termasuk aspek performa, jangkauan, dan keselamatan.

“Sementara pada saat yang sama, kami akan meningkatkan dan mendefinisikan ulang pengalaman pelanggan saat kami memperluas cakupan kami ke seluruh Jawa dan Bali pada tahun 2023.”kata Pantja dalam keterangannya, Senin, 21 Agustus.

Meskipun pemain baru dalam pasar kendaraan listrik Indonesia, PT IMG telah fokus pada pengembangan kendaraan roda dua listrik dan ekosistem pendukungnya. Mereka telah membangun fasilitas manufaktur di Cikarang, Jawa Barat, yang telah beroperasi sejak akhir 2022 dengan kapasitas produksi mencapai 100.000 unit per tahun.

Selain itu, Alva Motor telah menyediakan layanan penjualan dan purnajual di beberapa lokasi, termasuk Alva Experience Center di SCBD, Jakarta, dan Alva Studio di Mall Bali Galeria, Bali.

Selama eksistensinya di industri kendaraan listrik Indonesia, Alva Motor telah meluncurkan dua sepeda motor listrik, yaitu Alva One dan Alva Cervo. Produk terbaru mereka, Alva Cervo, menonjol dengan desain, teknologi, dan performa yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengendara di Indonesia.

Alva Cervo dilengkapi dengan baterai 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh) yang memungkinkan sepeda motor menempuh jarak hingga 125 km dengan waktu pengisian daya sekitar 4 jam (untuk model dengan dua baterai).

Harga Alva Cervo mulai dari Rp37,7 juta untuk varian satu baterai, dan Rp42,7 juta untuk varian dua baterai. Harga-harga ini berlaku di wilayah Jakarta.