Kawasaki Z900RS Edisi Khusus Meluncur, Apa Perbedaannya?
Kawasaki Z900RS. (Dok. Paultan)

Bagikan:

JAKARTA - Gairah terhadap sepeda motor bergaya klasik kian tinggi di dunia kendaraan roda dua. Pabrikan-pabrikan kini berlomba-lomba merilis model terbaru dengan sentuhan retro yang begitu menawan.

Tidak ingin ketinggalan, Kawasaki sebagai salah satu produsen motor ikut meramaikan tren ini dengan menghadirkan versi terbaru dari Z900RS, yang diberi nama Yellow Ball Edition, dan akan segera tersedia di pasar Jepang.

Dilansir dari Paultan, Selasa, 11 Juli, Yellow Ball Edition merupakan penyempurnaan dari Z900RS yang telah ada. Tepat seperti namanya, motor ini memukau dengan sentuhan warna kuning pada tangki dan panel belakang, menciptakan kesan yang begitu mengagumkan.

Untuk menambah kesan retro yang lebih kental, Kawasaki juga menambahkan lencana asli Z1 "900" pada penutup samping motor. Dan untuk kenyamanan pengendara, motor ini dilengkapi dengan jok berkualitas tinggi yang memberikan sentuhan mewah.

Meskipun ada beberapa perubahan yang dilakukan, tidak ada pembaruan pada sektor mesin. Yellow Ball Edition masih menggunakan mesin 4-silinder segaris dengan kapasitas mesin 948 cc sehingga dapat menghasilkan tenaga 111 dk dengan torsi 98,5 Nm.

Untuk memaksimalkan performa dari Z900RS, tenaga yang berasal dari mesin disalurkan melalui sistem transmisi enam percepatan dengan kopling bantu dan slipper, serta penggerak akhir rantai.

Sistem pengeremannya juga cukup mengesankan dengan kaliper twin radial-mount pada bagian roda depan dengan cakram tunggal untuk pengereman bagian belakang.

Agar memiliki posisi berkendara yang ergonomis, Kawasaki menempatkan ketinggian jok pada Z900RS dengan 865 mm dan berat keseluruhan 215 kg serta memiliki tangki bahan bakar 14 liter.

Dalam model Z900RS, Yellow Ball Edition akan dijual di Negeri Sakura dengan banderol 1,6 juta yen atau sekitar Rp173,4 jutaan. Sebagai pembanding harga, Z900RS varian tertinggi, yakni SE dijual seharga 1,71 juta yen atau setara Rp185,3 juta.