Diproduksi hanya 20 Unit, Motor Kustom Gagah Ini Dibanderol Rp1,8 Miliar
Audette Velos. (Dok. Audette Motorcycles)

Bagikan:

JAKARTA - Tony Audette, seorang Insinyur Mekanik Marinir AS, adalah otak di balik kreasi sepeda motor kustom Audette Motorcycles yang tidak hanya menampilkan gaya yang mengagumkan, tetapi juga teknologi mutakhir. Bengkel Audette berada di Canton, Connecticut, Amerika Serikat.

Velos, model pertama dari merek ini, mewakili definisi sepeda motor kustom yang luar biasa. Desainnya yang menawan dikembangkan melalui kerjasama dengan Kar Lee, seorang desainer sepeda motor terkenal di balik Kardesigns, yang telah menampilkan karyanya di berbagai kesempatan.

Dikutip dari Rideapart, 12 Juni, Audette Velos tidak hanya sepeda motor kustom, tetapi juga diproduksi terbatas hanya melayani pesanan maksimal 20 unit per tahun. Velos secara esensial dibangun berdasarkan mesin Indian Thunder Stroke 111, dan Audette sengaja memilih versi 2016. Alasannya, karena bisa dilengkapi dengan injeksi bahan bakar Bosch, mesin ini terbukti menjadi mesin yang bertenaga dan dapat diandalkan, tanpa fitur elektronik yang rumit seperti yang ditemukan pada model-model berikutnya.

3

Namun, Velos tidak memakai mesin standarnya melainkan dimodifikasi dengan batang penghubung Carrillo dan Wiseco Forged Pistons. Kapasitas mesin ditingkatkan menjadi 131 kubik inci, sekitar 2.150cc, dengan rasio kompresi yang lebih tinggi, 11:1. Hasilnya, mesin ini menghasilkan tenaga sekitar 130 dk dan torsi 200.69 Nm dengan suara menggema melalui sistem pembuangan Toce.

Velos dilengkapi dengan gearbox manual enam kecepatan yang dipasangkan dengan kopling aftermarket Rekluse. Selain itu, penggerak sabuk mesin diganti dengan rantai yang lebih tahan lama. Mesin besar ini ditempatkan dalam rangka yang terbuat dari aluminium kelas pesawat berkekuatan tinggi. Pemasangan mesin yang presisi di dalam rangka ini mencerminkan keahlian Audette, memberikan keuntungan berat maksimum dan dimensi yang kompak. Bahkan, lengan ayun yang terbuat dari aluminium memberikan kesan bahwa sepeda ini cocok untuk trek balap superbike.

Dalam hal suspensi, Audette Velos dilengkapi dengan teknologi terbaik yang tersedia. Garpu terbalik Race Tech 43 milimeter di depan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Begitu pula dengan shock absorber belakang. Velos melaju di atas roda karbon mewah merek BST dari Afrika Selatan, piringan cakram Galfer dan kaliper Beringer.

Tangki bahan bakar motor ini berkapasitas 15 liter, Velos hanya memiliki berat 210 kilogram, menjadikannya salah satu sepeda motor dengan bobot teringan di kelasnya.

Nah dengan segala kelebihan, motor kustom ini juga memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk satu unitnya Audette Velos dibanderol 125.000 dolar AS atau sekitar Rp1,8 miliar.