Bagikan:

JAKARTA - Porsche, merek mobil sport asal Jerman, telah sukses dalam menciptakan mobil-mobil ikonik dan memberikan nilai tambah pada setiap kendaraannya.

Salah satu contoh mobil Porsche yang menawarkan nilai tambah yang luar biasa adalah Porsche America Roadster tahun 1952. Satu unit mobil ini akan dimasukkan ke dalam National Historic Vehicle Register sebagai simbol kesuksesan pabrikan di Amerika Serikat.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu, 10 Juni, mobilnya memiliki nomor sasis 12336, menjadi salah satu dari 16 mobil berbadan aluminium yang dibuat khusus untuk pembalap Amerika oleh Porsche. Mobil-mobil itu dibangun berkat upaya importir legendaris, Max Hoffman, dan pengemudi dan dealer mobil balap terkenal, John von Neumann.

Mobil ini kemudian dikendarai oleh putra von Neumann, Josie von Neumann, yang berhasil meraih sejumlah kemenangan dengan roadster legendaris ini, meskipun karier balap Josie berlangsung singkat.

Keberhasilan von Neumann dan pembalap lainnya yang menggunakan 15 unit lain dari mobil ini mendorong Porsche untuk merakit model yang lebih kompetitif daripada hanya mengandalkan model dasar 356 yang menjadi dasar dari America Roadster.

"Hubungan yang unik antara mobil ini dengan Max Hoffman, serta John dan Josie von Neumann, menjadikannya contoh yang luar biasa untuk mendokumentasikan dan melestarikan kisah Porsche di Library of Congress agar dapat dipelajari oleh generasi mendatang," kata Casey Maxon, senior manager of heritage dari Hagerty Drivers Foundation.

Pengumuman mengenai penempatan Porsche America Roadster ini dalam National Historic Vehicle Register diadakan pada 10 Juni dalam perayaan Porsche Broad Arrow Group yang memperingati 75 tahun keberadaannya di Porsvhe Experience Center di Atlanta.

Perayaan ini juga menjadi kesempatan untuk menghormati pemilik sebelumnya, Robert Ingram, yang membeli mobil ini pada tahun 2009. Mobil ini telah mengalami restorasi oleh Road Scholars yang dipimpin oleh putra Ingram, Cam Ingram, pada tahun 2018.

Porsche America Roadster 1952 akan dipajang di tempat khusus di National Mall, Washington DC, dalam acara "Cars at the Capital" yang akan berlangsung pada bulan September mendatang, yang diadakan oleh National Historic Vehicle Register. Dan menjadi kendaraan ke-34 yang dimasukkan ke museum kendaraan bersejarah di AS.