Bagikan:

JAKARTA - Mobil klasik Ferrari 275 GTB tahun 1966 milik pasangan selebriti Roger Vadim dan Jane Fonda tengah dijual secara private sale oleh balai lelang RM Sotheby's. Mobil sport ini memiliki sejarah yang menarik dan pernah menjadi bagian dari kehidupan glamor pasangan selebriti Hollywood tersebut.

Ferrari 275 GTB dengan nomor sasis 08641 ini dibeli oleh Roger Vadim pada 15 Juni 1966. Mobil ini memiliki warna Azzuro dengan interior kulit Nero. Sebagai mobil produksi akhir, 275 GTB ini dilengkapi dengan bodi panjang, transmisi torque tube, dan tiga karburator Weber.

8

Melansir info laman RM Sotheby's, 28 Oktober, pasangan Vadim dan Fonda sering terlihat bersama mobil ini di berbagai kesempatan, termasuk saat berlibur di Saint-Tropez pada tahun 1966. Mobil ini juga menjadi saksi bisu momen pribadi mereka, seperti saat Fonda meninggalkan rumah sakit setelah melahirkan putri mereka, Vanessa, pada tahun 1968.

Setelah dimiliki oleh Vadim dan Fonda, mobil ini berpindah tangan beberapa kali. Pada tahun 1968, mobil ini dijual ke seorang kolektor di Lyon yang kemudian melakukan beberapa modifikasi. Pada tahun 1980, mobil ini dimiliki oleh Michel Ferry, direktur Société des Bains de Mer di Monaco.

Setelah berganti tangan beberapa kali lagi, mobil ini akhirnya direstorasi penuh pada lima tahun terakhir untuk mengembalikannya ke kondisi aslinya. Mobil ini telah mendapatkan sertifikasi Ferrari Classiche, yang memastikan keaslian sasis, mesin, dan transmisinya.

8

Ferrari 275 GTB ini diperkirakan akan dijual dengan harga sekitar 2.4 juta euro atau setara Rp40,7 miliar. 

Adapun Ferrari 275 GTB ini dirancang Carrozzeria Scaglietti ( perusahaan desain dan pembuatan mobil Italia yang aktif pada tahun 1950-an. 

5

GTB adalah pengganti 250 GT Berlinetta Lusso dan menandai era baru bagi Ferrari, menjadi mobil jalan raya pertama dengan suspensi belakang independen dan transaxle lima kecepatan baru yang memberikan distribusi bobot lebih baik. 275 GTB memiliki mesin 3,3 liter 60° V12 yang dikembangkan dari "blok pendek" Kolombo 1½ liter. Perkembangan ini sebagian besar dipengaruhi oleh pengalaman Ferrari yang diperoleh di lintasan dari model balap seperti Competition 275P dan 250LM.