Bagikan:

JAKARTA – PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan terbaru yang diproduksi oleh industri pertahanan dalam negeri dan digunakan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto serta Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka saat pelantikan di Gedung MPR/DPR RI, Minggu 20 Oktober.

Kendaraan yang dikenal sebagai "Maung Garuda" ini menarik perhatian publik dengan tampilannya yang elegan berwarna putih dan pelat nomor 'Indonesia 1', serta emblem “GARUDA” di bagian belakangnya saat Prabowo menuju Istana Merdeka.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, menyatakan kebanggaan atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momen bersejarah ini. Ia menyampaikan bahwa kendaraan ini merupakan hasil karya anak bangsa yang didorong untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya.

MV3 Garuda Limousine dirancang khusus dengan bobot 2,95 ton dan dimensi panjang 5,05 m, lebar 2,06 m, serta tinggi 1,87 m. Kendaraan ini memiliki desain long wheelbase yang memberikan kenyamanan bagi penumpang. Ditenagai mesin 202 PS (199 HP) dengan transmisi otomatis 8 percepatan, kendaraan ini mampu mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam.

Dari segi keamanan, kendaraan ini dilengkapi dengan bodi berbahan composite armor yang tahan terhadap peluru kaliber 7,62 × 51 mm NATO dan 5,56 × 45 mm M193. Kaca anti peluru level B5/B6 serta ban Run Flat Tyre (RFT) yang dapat tetap melaju meski mengalami kebocoran juga menjadi fitur andalan MV3 Garuda.

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa, menambahkan bahwa kendaraan ini dirancang dengan identitas bangsa Indonesia yang kuat, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang.

Setelah resmi dilantik, Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen dengan mengendarai MV3 Garuda Limousine yang diiringi oleh tiga mobil Jeep putih dan sepuluh motor Paspampres. Rombongan tersebut membentuk barisan keluar dari Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Sebelumnya, Prabowo tiba menggunakan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemhan dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Istana Merdeka dengan MV3 Garuda Limousine. Setelah itu, ia kembali menggunakan kendaraan ini bersama Presiden ke-7 Joko Widodo untuk mengantarnya menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.