Bagikan:

TANGERANG - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi menjual all-new Kona Electric melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 sekaligus menambah keramaian pasar elektrifikasi di tanah air.

Di Indonesia, Kona generasi kedua ini hadir dalam lima varian berbeda, seperti Style sebagai entry-level, Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range.

Nah Tim VOI mendapatkan kesempatan untuk mencicipi sensasi berkendara secara singkat dari model ini dengan tipe Signature Long Range di tengah gelaran GIIAS 2024, pada Senin, 22 Juli. Kira-kira seperti apa? Berikut ulasan singkatnya.

Desain Futuristis

9

Dari segi penampilan, pabrikan dari Korea Selatan ini memberi sentuhan futuristis pada all-new Kona Electric dengan profil yang lebih bersih dari generasi sebelumnya. Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis dari model ini.

Lalu, twin headlamp dengan lampu projector Full LED yang terintegrasi di bumper depan serta Seamless Horizon Lamp di kap mesin menciptakan sorotan cahaya yang eye-catching.

Dalam kondisi gelap, pencahayaan depan ini dapat secara sempurna memberikan visibilitas terbaik saat kondisi jalan berlangsung gelap sekaligus membantu pengemudi ketika mengendarai mobilnya dalam situasi malam hari.

Interior yang Mulus

Mobil ini memiliki sejumlah fitur menarik di bagian dalamnya seperti layar 12,3 inci multimedia, setir kemudi terbuat dari kulit halus, kursi depan berpemanas dan berventilasi, pengaturan kursi depan 8-arah, serta kursi dilapisi kulit.

Sama seperti pada Ioniq 5 dan Ioniq 6, Kona Electric terbaru ini memiliki setir kemudi dengan desain bundar yang menampilkan berbagai tombol pengaturan serta penekan klakson ‘empat titik’ yang menjadi ciri khas dari mobil Hyundai.

Fitur Lengkap

SUV bertubuh kompak ini dilengkapi dengan berbagai fitur pembantu pengemudi (ADAS), terdiri dari blind-spot monitoring, surround view monitor, parking collision avoidance assist reverse, dan masih banyak lagi.

Mobil ini secara otomatis akan memberitahu pengemudi melalui alarm ketika ada kendaraan dari titik buta sehingga pengguna akan lebih memperhatikan sekitar. Pengemudi juga dapat mengetahui kondisi sekitar mobil dengan fitur surround view monitor dan dapat dilihat melalui sistem infotainmen di dasbor.

Pengendalian dan Performa

8

Usung bodi lebih kompak dibandingkan Ioniq 5, Kona Electric terbaru memiliki pengendalian yang nyaman di kelasnya. Ketika mobil ini dicoba untuk bermanuver, suspensi bekerja dengan baik dan mencegah mobil ini mengalami limbung. Lalu ketika melewati rintangan polisi tidur, SUV ini memiliki suspensi yang nyaman baik di kursi depan maupun belakang.

Diketahui, tipe Signature Long Range memiliki motor listrik berkekuatan 160 kW dan torsi 255 Nm. Ketika pedal throttle diinjak lebih kencang, tenaganya terasa mengentak yang sekaligus menambah nilai tambah pada Kona dalam keasyikan berkendara.

Kesimpulan

Sekali lagi, Hyundai kembali berhasil menawarkan lini produk yang cocok untuk konsumen tanah air menyusul kesuksesan model Ioniq 5 beberapa tahun ke belakang.

Tidak hanya menawarkan fitur canggih dan performa menjanjikan, all-new Kona Electric juga menjadi mobil EV Hyundai pertama yang baterainya dirakit secara lokal sehingga dapat menekan harganya lebih terjangkau.

Sementara daya tempuh baterainya juga mengesankan, menurut klaim Hyundai, all-new Kona Electric memiliki daya jangkauan hingga lebih dari 600 km dalam sekali pengisian daya yang sanggup melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta.

Di Indonesia, Kona Electric terbaru ini dipasarkan mulai Rp499 juta hingga Rp590 juta On The Road DKI Jakarta.