Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Lexus hadirkan model ES sebagai model tahun 2025 di pasar Amerika Serikat (AS) dengan tidak mengalami perubahan signifikan. Namun menarikny adalah brand mewah ini turut mengembalikkan Black Line Special Edition setelah hiatus selama empat tahun.

Melansir Carscoops, Kamis, 27 Juni, edisi spesial ini berbasis dari ES 350 F Sport dihiasi dengan sentuhan warna gelap pada kaca spion obsidian, spoiler belakang, dan panel rocker. Di bagian luar, merek ini tawarkan enam opsi warna menarik mulai dari Iridium, Cloudburst Gray, Obsidian, Caviar, Matador Red Mica, dan Ultra White.

Dibangun di atas platform GA-K, Lexus ES memiliki sasis penggerak roda depan kaku yang terbuat dari beberapa tingkat baja berkekuatan tinggi. Merek mengklaim bahwa pengelasan sekrup laser pada model ini sama seperti pada LS, UXh, dan RZ, menghasilkan struktur kokoh.

3

Suspensi depan dilengkapi sudut penyangga yang sejajar pada sudut ideal untuk meningkatkan kualitas berkendara. Fitur Dynamic Control Shocks mampu merespons gerakan terkecil sekalipun berkat katup bantu yang tidak tumpang tindih yang memungkinkan oli peredam mengalir ke kedua arah sebelum memasuki katup utama.

Desain suspensi belakang menggunakan trailing arm dan pengaturan multilink yang juga memanfaatkan responsivitas Dynamic Control Shocks. Penempatan titik pemasangan trailing arm yang lebih tinggi dan ukuran bushing yang lebih besar dapat memberi peredaman saat melewati jalan yang tidak rata.

3

Sementara itu di bagian dalamnya, model ES Black Line Special Edition memiliki sejumlah teknologi canggih seperti layar sentuh 12,3 inci, head-up display, panoramic view monitor, serta sistem audio premium dari Mark Levinson.

Model ini dilengkapi dengan Lexus Safety System 2.5 sebagai standar yang terdiri dari sejumlah fungsi, seperti Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection, Lane Tracing Assist (LTA), All-speed Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Road Sign Assist (RSA), serta Lane Departure Alert with Steering Assist (LDA w/SA).

Berbicara soal performa, ES 350 dibekali dengan mesin 3,5 liter V6 yang dapat memproduksi tenaga 302 dk pada 6.600 rpm dan torsi 362 Nm pada 4.700 rpm. Penggerak ini akan bergabung dengan transmisi enam percepatan direct shift otomatis.

Lexus mengklaim, mesin V6 yang diusung mobil ini memiliki teknologi D-4S yang menggunakan injektor bertekanan tinggi untuk mengalirkan BBM langsung ke ruang bakar bersama dengan sistem bertekanan rendah yang menyalurkan bahan bakar ke intake ports.

Ditambah dengan penambahan Variable Valve Timing-intelligence Wide (VVT-iW) pada katup masuk, mesin ini mampu beroperasi pada siklus Otto tradisional saat berkendara sporty atau siklus Atkinson yang lebih efisien saat kebutuhan tenaga rendah.

Terdiri dari beberapa varian, Lexus ES 2025 dibanderol mulai dari 43.190 dolar AS hingga tertingginya 53.480 dolar AS (Rp709,1 jutaan sampai Rp878 jutaan). Sementara, Black Line Special Edition tersedia secara terbatas hanya 1.000 unit dengan banderol harga 53.615 dolar AS (Rp880 jutaan).