Bagikan:

JAKARTA - BMW Group bersiap meluncurkan tiga mobil baru pada 24 Juli di India melengkapi jajaran line up yang sudah ada.

Mengutip dari laman Autocar India, tiga model yang dimaksud yaitu BMW Seri 5 LWB, Mini Cooper S, dan Countryman Electric, dan ketiganya sudah dapat dipesan melalui online maupun jaringan dealer resmi.

BMW Seri 5 yang akan meluncur bulan depan merupakan model LWB pertama yang dipasarkan di India dan akan bersaing dengan Mercedes-Benz E-Class.

Detailnya, mobil satu ini hadir dengan dimensi panjang 5.175mm, lebar 1.900mm dan tinggi 1.520mm, dengan jarak sumbu roda 3.105mm, mobil ini akan menjadi mobil terbesar di segmennya.

Namun spesifikasi detailnya belum terungkap, tapi jika berkaca dari model global BMW Seri 5 Wheelbase panjang ini mengemas mesin 2.0T berkekuatan 212 dk dan versi berkekuatan tinggi bertenaga 287 dk.

Sementara itu, hatchback Cooper S mesin bensin juga akan meluncur, dan versi SE yang sepenuhnya listrik akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. Cooper S baru dibangun berdasarkan tema desain Mini yang sudah dikenal dengan lampu depan melingkar, grill depan segi delapan yang baru dan lebih besar, serta lampu belakang berbentuk segitiga.

Soal jantung pacunya, Cooper S baru ini akan ditenagai oleh mesin bensin turbo empat silinder 2.0 liter yang sama seperti pendahulunya, namun mesin tersebut dapat menghasilkan peningkatan dari segi tenaga, dimana diklaim menghasilkan torsi 204 hp dan 300 Nm, peningkatan sebesar 26 hp dan 20 Nm.

Selanjutnya ada Countryman Elektrik generasi baru yang akan menyapa pasar India. Dibandingkan dengan versi bahan bakar bensinnya model ini memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga menghasilkan ruang kaki tambahan 130 mm pada bagian belakang.

Mini menawarkan Countryman Electric dengan dua pilihan powertrain di luar negeri yakni versi penggerak roda depan bermesin tunggal dengan tenaga 204 hp dan 250 Nm, dan versi penggerak semua roda motor ganda dengan tenaga 313 hp dan 494 Nm. Namun, belum diketahui veri mana yang akan dibawa ke India.