Bagikan:

JAKARTA - Hyundai N, sub-brand berperforma tinggi dari Hyundai, telah mencapai apa yang belum bisa dilakukan para rival. Setelah peluncuran Ioniq 5 N yang fenomenal, merek ini berupaya untuk melakukan inovasi lainnya agar para pelanggan dapat merasakan sensasi berkendara berbeda.

Melansir dari CarBuzz, Selasa, 25 Juni, jenama dari Korea Selatan ini ajukan hak paten setir kemudi dengan lampu shift internal yang dapat menyala. Lampu tersebut bertujuan sebagai indikator atau pengukur waktu yang tepat untuk mengganti gigi seperti halnya pada mobil balap.

Diarsipkan melalui United States Patent and Trademark Office (USPTO) dan German Patent and Trademark Office (DPMA), Hyundai mengklaim bahwa konsep ini dirancang secara sederhana sehingga biayanya lebih murah untuk dirakit dan memudahkannya diproduksi secara massal.

Setir kemudi ini akan menampilkan indikator LED di bagian atasnya. Kemudian, panel finishing dengan lensa dapat terpasang dengan berbagai bahan material dari setir kemudi, termasuk serat karbon. Namun detail paling sederhana dan menarik adalah kabel untuk roda ini tidak harus dipasang sejak awal.

Menurut Hyundai, arsitektur setir kemudi ini memiliki alur dimana kabel hanya dapat dipasang jika diperlukan. Basis modular ini memungkinkan pabrikan memproduksi satu roda kemudi untuk beberapa kendaraan serta dapat memangkas biaya pengembangan dan produksinya.

Sayangnya, pabrikan dari negeri ginseng ini belum ungkapkan model apa yang akan hadir dengan inovasi tersebut. Kemungkinan, setir tersebut akan hadir pada dua model andalan, seperti Ioniq 5 N dan Elantra N.

Namun, dokumentasi paten tersebut menunjukkan gambar dari setir Genesis G90 yang merupakan model mewah pesaing dari Mercedes-Benz S-Class. Meski demikian, bukan tidak mungkin inovasi ini akan hadir dalam model yang dikembangkan oleh sub-brand Magma.

Dengan demikian, setir kemudi tersebut juga akan hadir pada model berperforma tinggi lainnya, termasuk GV60 atau G70 Magma. Bahkan, sistem ini berpotensi juga akan hadir pada model coupe GT90.