Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal China terus berdatangan ke Indonesia. Terbaru ada Zeekr merek premium dari Geely Holding Group yang menggandeng PT Premium Auto Prima, sebagai Agen Pemegang Merek (APM) untuk merek tersebut di Indonesia.

Tak hanya satu, jenama asal China ini akan meluncurkan dua model sekaligus yaitu Zeekr X dan Zeekr 009, yang juga sudah diperkenalkan di Thailand. Tapi mobil yang dibawa masih berstatus Completely Built Up (CBU) dari China.

Lantas apakah merek yang bermain di segmen premium dan high end ini akan merencanakan fasilitas perakitan lokal? Mengingat beberapa merek dari China juga sudah melakukan hal tersebut.

Head of SEA Region Zeekr Alex Bao Zhuangfei mengungkapkan saat ini sedang dipelajari tentang perakitan lokal, dalam masterplan ada tapi tidak dalam waktu dekat.

"Implementasinya mungkin tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat, tapi sedang dipelajari," katanya, saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Alex mengatakan implementasinya bisa sekitar 2 sampai 3 tahun ke depan, tapi saat ini harus mulai satu tahun untuk persiapan dan melakukan studi.

"Kami harus mempertimbangkan karena Zeekr itu merek Premium, sehingga volume tidak sebesar mass market," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director PT Premium Auto Prima JinHong Lin Darwin mengatakan belum sampai itu (perakitan lokal), karena pertama kita signing kerja sama sebagai distributor.

"Mobilnya masuk ke Indonesia dahulu, pararel kita mulai pelajari studi kelayakan industri perakitan di Indonesia. Bukan hanya Indonesia, Zeekr juga studi di beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia," ungkap JinHong Lin Darwin.