Bagikan:

JAKARTA - BMW merilis Seri-1 generasi terbaru dengan membawa sejumlah perubahan gaya yang signifikan. Hatchback ini kini tersedia dalam empat varian, terdiri dari 120 dan M135 xDrive.

Mengutip Carscoops, Rabu, 5 Juni, model terbaru ini memiliki dimensi sedikit lebih besar dari sebelumnya dengan panjang 4.361 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi mencapai 1.459 mm. Secara keseluruhan, mempertahankan proporsi yang sama dengan kap mesin yang panjang dan beberapa garis yang mencolok.

Dari segi desain, BMW Seri-1 terbaru memiliki gaya lebih halus dan elegan bila dibandingkan dengan model lainnya. Ini bisa dilihat dari ukuran grill ginjal berukuran sedang dengan sepasang lampu depan yang kompak.

3

Kemudian, bagian belakangnya memiliki perbedaan dari sebelumnya dengan mengadopsi lampu seperti crossover X2 generasi saat ini.

Bagian interiornya terlihat sama seperti model BMW lainnya. Untuk Seri-1, kabin dibekali dengan kluster instrumen digital 10,25 inci dan layar infotainmen 10,7 inci ditempatkan dalam satu panel melengkung tawarkan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk menghadirkan desain lebih modern, minimalis dan rapi, pabrikan meminimalkan fungsi tombol di interior pada panel instrumen dan konsol tengah dengan kontrol sentuh yang intuitif.

1

Unsur kemewahan yang ditawarkan pada model ini adalah tampilan head-up, atap kaca panoramic, dan sistem audio Harman Kardon. Kemudian, lapisan interior terdiri dari bahan bebas kulit serta kain Arktur antrasit khusus. Ada juga tempat penyimpanan smartphone nirkabel di konsol tengah, pengatur suhu otomatis zona ganda, dan pencahayaan sekitar.

Pada bagian mesin, BMW menyediakan opsi bensin dipadukan dengan teknologi mild-hybrid. Dengan demikian, model ini merupakan salah satu kendaraan elektrifikasi yang ditawarkan oleh pabrikan.

Untuk varian 120 memiliki mesin yang lebih kecil 1,5 liter 3-silinder dengan sistem mild-hybrid 48V. Namun, tenaga yang dihasilkan lebih besar dengan 168 dk dan torsi 280 Nm yang mampu mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,8 detik.

Varian M135 xDrive merupakan yang tertinggi dari Seri-1. Ini dilengkapi dengan mesin 2,0 liter 4-silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga 296 dk untuk pasar Eropa dan 312 dk untuk negara lainnya serta torsi 400 Nm.

Dengan mesin tersebut, ini sanggup membuat M135 xDrive berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 250 km/jam.

Semua varian hanya ditawarkan dalam versi Steptronic tujuh percepatan dual-clutch. Yang artinya untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, BMW tidak menawarkan transmisi manual pada Seri-1.

Mobil ini akan ditawarkan di pasar Eropa mulai Oktober mendatang dengan harga yang belum diungkapkan.