Bagikan:

JAKARTA - Toyota telah mengumumkan harga dari Camry generasi terbaru untuk pasar Amerika Serikat (AS). Sama seperti sebelumnya, mobil ini akan mengisi segmen sedan premium sekaligus pesaing dari Honda Accord.

Untuk generasi kesembilan, pabrikan hanya menjual versi mesin hybrid. Namun, perusahaan dari Jepang ini memiliki alasan tertentu mengapa model ikonik ini hanya tersedia dalam elektrifikasi saja.

Camry Chief Engineer Mark DeJongh, mengatakan bahwa model ini sangat cocok dengan teknologi dari Toyota Hybrid System 5 (THS 5) terbaru sekaligus yakin bahwa pelanggan akan menerimanya karena memiliki kemampuan efisiensi BBM sangat baik.

“Penghematan bahan bakarnya sangat baik, dan kami tahu bahwa dengan Toyota Hybrid System 5 yang baru, kami benar-benar mempunyai kesempatan untuk menyempurnakan drivetrain tersebut dan membawanya ke tingkat yang terbaik,” kata DeJongh dikutip dari Motor1, Sabtu, 20 April.

DeJongh menambahkan, pihaknya telah berusaha yang terbaik dengan membawa sejumlah pembaruan pada model ini sehingga Camry akan menjadi model unggulan di kelasnya.

“Sebagai seorang insinyur, atau seseorang yang mengembangkan mobil, anda ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan dan luar biasa, tapi kami mengusung motto ‘Sedan to the Core’. Kami mengikuti apa itu Camry dan membuatnya jauh lebih baik,” tambah DeJongh.

Mobil ini mengusung desain terbaru dengan bagian depan yang menyerupai model seperti Prius dan Crown dengan bagian bumper, samping, dan belakang lebih futuristik dan tegas. Sedan ini ditawarkan dalam empat trim, yakni LE, SE, XLE, dan XSE.

Masuk ke dalam kabin, dasbor Camry mengalami sedikit perubahan dan terlihat lebih mewah. Terdapat dua pilihan warna jok, yaitu merah dan hitam. Kluster digital 7 inci menjadi standar pada model SE, sementara kluster pengukur digital penuh 12,3 inci terdapat pada kelas XSE.

Dalam hal fitur, Camry dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang lebih canggih sebagai standar, mencakup beberapa fungsi seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure with Steering Assist, Lane Tracing Assist, Road Sign Assist, Automatic High Beams, dan Proactive Driving Assist.

Fitur canggih yang tersedia pada sedan ikonis ini ialah dihadirkannya sistem Electronically Controlled Braking (ECB) yang dapat membantu pengendalian dan pengereman lebih baik.

Sementara itu, Camry generasi terbaru dibekali dengan mesin 2,5 liter 4-silinder digabungkan dengan teknologi THS 5 bertransmisi eCVT yang secara cerdas dapat melakukan perpindahan gigi secara halus serta irit BBM.

Untuk berpenggerak roda depan (FWD), Toyota Camry dapat memompa tenaga hingga 225 dk. Sedangkan, tipe penggerak semua roda (AWD) mempunyai daya lebih besar hingga 232 dk.

Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini memasang harga pada Camry mulai dari 28.400 dolar AS (sekitar Rp462,1 jutaan) untuk versi awal LE FWD hingga tertingginya XSE AWD seharga 36.125 dolar AS (setara Rp587,9 jutaan).