Bagikan:

JAKARTA - Model Toyota Camry generasi terbaru telah meluncur. Di Amerika Serikat (AS), mobil ini sangat diminati karena hadir dengan kemewahan dan kenyamanan kelas atas dan harga yang kompetitif. Melihat fenomena ini, sejumlah dealer malah melakukan markup harga pada sedan ini.

Dilansir dari Carscoops, Senin, 10 Juni, salah satu dealer bernama Toyota of Palo Alto melakukan kenaikan harga hingga 2.995 dolar AS (Rp48,7 jutaan) pada tipe XSE AWD. Dealer tersebut juga menawarkan perlengkapan seperti mud flaps, kabel USB, dan bohlam LED seharga 25 dolar AS (Rp407 ribuan).

Tidak hanya itu, jaringan dealer Hanless Hilltop Toyota juga menaikkan harga lebih tinggi hingga 4.995 dolar AS (Rp81,3 jutaan) ditambah dengan kunci roda dan pelindung tepi pintu senilai 570 dolar AS (Rp9,2 jutaan).

Dengan harga yang ditetapkan Toyota per unitnya sebesar 39.492 dolar AS (Rp643 jutaan), maka sedan ini ditawar di jaringan dealer ini senilai 45.057 dolar AS (Rp733,7 jutaan).

Contoh lain ialah dealer Toyota Roseville California yang menaikkan harga Camry generasi sembilan hingga 4.995 dolar AS (Rp81,3 jutaan) untuk semua varian Camry. Namun, ada beberapa penjual yang justru memberi diskon.

Salah satunya adalah Wilde Toyota berlokasi West Allis, Wisconsin. Jaringan dealer ini memberi penawaran diskon sebesar 1.000 dolar AS (Rp16,2 jutaan) saja untuk sedan terbaru ini.

Sebelumnya fenomena markup harga juga terjadi pada model Toyota lainnya, seperti Land Cruiser. Praktik ini juga dilakukan pada model lain mulai dari Dodge Challenger, Ford Mustang, hingga Hyundai Ioniq 5 N.

Toyota Camry terbaru hadir dengan empat varian, seperti LE, SE, XLE, dan XSE. Tidak seperti sebelumnya, Camry terbaru ini hanya ditawarkan dalam varian hybrid.

Sedan ini dibekali mesin 2,5 liter 4-silinder dipadukan dengan Toyota Hybrid System generasi kelima (THS 5) dan transmisi eCVT yang secara cerdas dapat melakukan perpindahan gigi secara halus serta tentunya irit BBM.

Untuk berpenggerak roda depan (FWD), Toyota Camry dapat memompa tenaga hingga 225 dk. Sedangkan, tipe penggerak semua roda (AWD) mempunyai daya lebih besar hingga 232 dk.

Model tersebut memiliki berbagai opsi warna seperti Ocean Gem, Wind Chill Pearl, Heavy Metal, dan Supersonic Red. Sementara, khusus tipe XSE hadir dengan two-tone dari warna yang tersedia dipadukan dengan atap berwarna Midnight Black Metallic.