Bagikan:

JAKARTA - Berbagai produsen mobil asal China tak ada hentinya melakukan inovasi baru, salah satunya meluncurkan mobil dengan harga amat terjangkau, seperti yang dilakukan merek Zhindou. 

Mengutip dari laman Carnewschina, Jumat, 19 April, Zhindou meluncurkan Rainbow Mini EV dengan total lima varian, yang dibanderol cukup menarik yaitu kisaran mulai dari 31.900 sampai 43.900 yuan, atau kisaran Rp71 jutaan sampai Rp98 jutaan. 

Diketahui, Zhidou merupakan salah satu merek asal China yang memasuki pasar mobil mini energi baru, dengan model pertamanya diluncurkan pada Mei 2014, yang kemudian berganti nama menjadi Zhidou D1. Selanjutnya, Zhidou meluncurkan Zhidou D2 dan Zhidou D3, keduanya mempertahankan tata letak tiga pintu dan dua tempat duduk. 

Namun, karena berbagai faktor, Zhidou secara bertahap menghilang dari pasar hingga kembali ke pasar pada Oktober 2023 setelah menyelesaikan reorganisasi strategi permodalannya. Kini, CEO Geely , Gan Jiayue, menjabat sebagai pimpinan perusahaan.

4

Balik ke Zhidou Rainbow memiliki dimensi panjang 3.224 mm, lebar 1.515 mm dan tinggi 1.630 mm dengan jarak roda 2100 mm, mengadopsi layout tiga pintu dan empat tempat duduk.

Secara desain, mobil ini sangat unik seperti dilengkapi dengan lampu depan Big Dipper, kaca spion eksternal serat karbon, lampu berbentuk Y. Apalagi tersedia dalam tujuh warna eksterior yaitu pink, ungu, coklat, kuning, cyan, hijau, dan coklat, dan cocok untuk digunakan di perkotaan. 

5

Masuk ke dalam kabin, interiornya tergolong imut berkat latar belakang merah muda yang menampilkan roda kemudi palang ganda, panel instrumen full LCD berukuran 5 inci, dan layar kendali pusat mobil berukuran 9 inci. Tombol fisik tipe kenop dipertahankan di bawah layar kendali pusat. Sementara itu, panjang bagasi standar adalah 390 mm, dan volume penyimpanan dapat diperluas hingga 1.034 L dengan melipat kursi belakang.

3

Seluruh varian ini ditenagai oleh motor listrik 20 kW/85 Nm atau 30 kW/125 Nm, dipasangkan dengan paket baterai lithium iron phosphate yang dipasok oleh Guoxuan Hi-Tech. Paket baterai tersedia dalam kapasitas 9,98 kWh, 17,18 kWh, dan 17,3 kWh, yang setara dengan daya jelajah CLTC masing-masing 125 km, 205 km, dan 201 km.

Selanjutnya, dalam tiga tahun ke depan, Zhindou berencana meluncurkan delapan model, dan dalam lima tahun ke depan, total meluncurkan 16 model.