GWM Bakal Hadirkan Tank 500 PHEV Terbaru, Performanya Lebih Bertenaga dari Sebelumnya
GWM Tank 500 Hi4-Z (sumber: CarNewsChina)

Bagikan:

 JAKARTA - Great Wall Motor (GWM), salah satu perusahaan otomotif ternama dari China, akan segera meluncurkan Tank 500 Hi4-Z sebagai kendaraan bersistem plug-in hybrid (PHEV) terbaru.

Menurut lansiran CarNewsChina, Rabu, 17 April, SUV tersebut akan mendapatkan baterai berukuran besar dibandingkan dengan sebelumnya serta memiliki mesin terbaru.

Secara visual, mobil ini memiliki kesamaan dengan Tank 500 versi lainnya, namun perbedaannya hanya pada lencana Hi4-Z terbaru. SUV ini memiliki ukuran panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, tinggi 1.905 mm, serta wheelbase 2.850 mm.

Menurut dokumen dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT), Tank 500 Hi4-Z memiliki ukuran baterai lebih besar mencapai 59,05 kWh atau salah satu yang terbesar bagi mobil PHEV. Sebagai pembanding, versi sebelumnya yaitu Hi4-T miliki baterai berkapasitas 37,1 kWh.

Baterai 59,05 kWh ini terbuat dari material Nickel Manganese Cobalt (NMC) yang dikembangkan oleh pemasok baterai Svolt. Dengan demikian, mobil tersebut memiliki jarak tempuh dengan listrik murni hingga 201 km serta berbobot 2.980 kg.

Lebih lanjut, GWM memberi mobil tersebut mesin Miller Cycle E20NB terbaru yang miliki tenaga sebesar 185 kW dan torsi puncak 380 Nm. Tenaga yang cukup besar ini tidak diikuti oleh efisiensi BBM yang impresif dengan hanya mencapai 8,6 l/100 km, menurun dari 8,8 l/100 km.

Kemudian, mesin konvensional tersebut digabungkan dengan motor listrik berdaya 120 kW dan torsi 400 Nm menggerakkan roda depan. Jika digabungkan dengan mesin ICE, maka Tank 500 Hi4-Z miliki total output daya hingga 300 kW dan torsi 700 Nm.

Dengan demikian, mobil ini dapat berlari dengan kecepatan tertinggi hingga 205 km/jam. Ini meningkat secara signifikan dibandingkan dengan Hi4-T yang hanya mencapai 180 km/jam.

Dikabarkan juga Hi4-Z akan hadir dengan opsi penggerak semua roda yang lebih agresif. Kemungkinan mobil ini akan menggunakan sistem drivetrain yang telah disematkan pada Hi4-T sebelumnya.