Suzuki Recall Baleno hingga WagonR di India, Bagaimana di Indonesia?
Suzuki Baleno (dok. Suzuki Indonesia).

Bagikan:

JAKARTA - Maruti Suzuki beberapa waktu lalu mengumumkan penarikan kembali atau recall lebih dari 16.000 ribu unit model hatchback populer, yakni Wagon R dan Baleno untuk pasar lokal (India).

Mengutip dari laman Times of India, detailnya sebanyak 11.851 unit Baleno dan 4.190 unit Wagon R terkena dampak penarikan kembali tersebut.

Penarikan kembali (recall) diakibatkan karena adanya potensi masalah pada komponen motor pompa bahan bakar yang dapat menyebabkan mesin mati atau kendaraan tidak mau menyala. Lantas bagaimana untuk model di Indonesia?

Menyikapi masalah di atas PT Suzuki Indomobil Sales angkat bicara, melalui General Manager Strategic Planning Departement PT SIS, Joshi Prasetya.

"Untuk saat ini belum ada informasi soal itu (recall) karena SOP Suzuki Global itu biasanya dari negara pembuat akan diinformasikan ke negara tujuan ekspor," katanya kepada awak media, Kamis, 28 Maret 2024.

Lebih lanjut, ia mengatakan setiap negara memiliki spesifikasi berbeda. Karena itu, sampai saat ini memang belum ada informasi yang diterima.

"Jadi, setiap negara memiliki spesifikasi berbeda. Di sana (India), ada pakai standar Stage dan di kita (Indonesia) pakai Euro," tuturnya.

Meski demikian, ia memastikan jika ada informasi terkait recall untuk model di atas akan diinformasikan. Biasanya informasi tersebut akan disampaikan melalui Halo Suzuki.

"Kalau ada informasi lebih lanjut, kami akan sampaikan di Halo Suzuki," kata dia.

Jadi, dipastikan hingga berita ini diterbitkan belum ada informasi lebih detail terkait recall di India untuk dua model di atas.