Bagikan:

JAKARTA - MG 4 EV berhasil menarik minat banyak konsumen di pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang digelar pada tanggal 15 Februari hingga 25 Februari bulan lalu. MG 4 EV menjadi primadona di IIMS 2024 dengan membukukan 1.125 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama pameran, menandakan minat konsumen Indonesia yang mulai tinggi terhadap mobil listrik yang ramah lingkungan.

MG 4 EV, yang kini sudah dirakit secara lokal di Indonesia, juga mencuri perhatian dengan harga yang turun jauh dari harga awal ketika diluncurkan tahun lalu sebagai CBU. Saat itu, MG 4 EV memiliki dua varian dengan harga Ignite Rp649,9 juta (OTR Jakarta) dan Magnify i-Smart seharga Rp699,9 juta (OTR Jakarta).

Selama pameran otomotif IIMS 2024, hanya satu varian yang dijual dengan harga Rp423 juta atau turun Rp10 juta dari harga barunya. Harga tersebut khusus untuk 3.000 konsumen pertama. Tidak hanya menawarkan harga spesial, konsumen MG 4 EV juga mendapatkan beberapa penawaran menarik, termasuk garansi baterai seumur hidup dan pemeliharaan gratis selama 5 tahun atau 75.000 km.

5

Beruntung, tim VOI mendapatkan kesempatan untuk menjajal satu unit MG 4 EV selama beberapa hari pertengahan Maret ini. Menariknya lagi, mobil yang dipinjamkan oleh MG Motor Indonesia memiliki warna Volcano Orange, warna terakhir yang ditawarkan setelah Arctic White, Black Knight, Metal Ash Grey, Scarlet Red, dan Brighton Blue.

Mengenai desain MG 4 EV, mobil ini digarap oleh tim Advanced Design Studio MG di London, Inggris, negara tempat merek ini lahir. Desain mobil cukup agresif dan futuristik dari depan hingga belakang, dengan lampu depan yang menyipit dan telah terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL) menggunakan teknologi LED yang hemat energi. Di bagian bawah lampu depan, terdapat lampu sein dengan bentuk garis memanjang dari atas ke bawah. Sedangkan desain interior mobil ini memiliki tema minimalis dengan sedikit tombol fisik di dasbor karena hampir semua pengaturan fungsi kendaraan tersedia di head unit.

Rasa Berkendara

4

Secara keseluruhan, kenyamanan yang ditawarkan saat berkendara sangat baik, baik dari sudut pandang pengemudi maupun penumpang belakang. Bilah setirnya yang berbentuk rata di sisi atas dan bawah juga terasa nyaman digenggam. Untuk penggunaan sehari-hari, performa yang ditawarkan oleh crossover listrik ini sudah lebih dari cukup. Tenaganya cukup memadai untuk melakukan manuver dengan kecepatan tinggi, terutama dengan mode Sport, dan yang lebih penting lagi, mobil terasa sangat stabil tanpa adanya kecenderungan bergoyang. Bahkan saat tim VOI mencoba mengendarai mobil dengan membawa empat penumpang dengan bobot rata-rata di atas 65 kg, performa mobil tidak terpengaruh.

4

Sebagai informasi tambahan, MG4 EV dilengkapi dengan 5 mode berkendara: Snow, Eco, Normal, Sport, dan Custom. Mobil ini menggunakan baterai dengan kapasitas 51 kWh yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 425 km saat kondisi baterai penuh. Motor listriknya memiliki daya maksimum sebesar 125 kWh atau setara dengan 168 dk, dengan torsi puncak mencapai 250 Nm. MG juga menyematkan fitur keselamatan yang lengkap dan canggih, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Assist (EBA), dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Sebagai catatan, bagi pengendara yang pertama kali menggunakan MG 4 EV, seperti mobil Eropa pada umumnya, mungkin perlu penyesuaian dengan posisi tuas lampu sein yang berada di sebelah kiri setir, bukan di kanan seperti mobil umumnya di Indonesia. Selain itu, mungkin diperlukan penyesuaian dengan pengaturan fungsi kendaraan mayoritas yang tersedia di head unit, dan tentu saja diperlukan kehati-hatian dalam mengatur fungsi-fungsi tersebut saat berkendara.

Fitur tambahan yang amat berguna yang tim VOI temui saat berkendara adalah Traffic Jam Assist, yang memungkinkan pengendara untuk lebih santai saat berada dalam kondisi macet, terutama di jalanan Jakarta di mana mobil dapat berhenti dan melaju secara otomatis dalam kemacetan. Fungsi ini didukung oleh sistem radar yang dapat mendeteksi objek di depan mobil dan mengikuti kendaraan di depannya. Traffic Jam Assist merupakan bagian dari serangkaian fitur asisten pengendara canggih yang dikenal sebagai MG Pilot. Selain itu, fitur Front Collision Warning dan AEB Brake Assist memungkinkan mobil untuk mengerem mendadak jika kendaraan di depan juga melakukan pengereman mendadak, sehingga mencegah terjadinya tabrakan. Ada juga fitur Rear Collision Warning dan Rear Cross Traffic Braking untuk mencegah tabrakan belakang dengan kendaraan atau objek di sekitarnya.

Kesimpulan

MG 4 EV yang kini diproduksi di Indonesia menawarkan kombinasi menarik dari performa, jangkauan, dan harga yang kompetitif. Mobil ini menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin merasakan pengalaman mobilitas listrik yang menyenangkan dan ramah lingkungan.