Bagikan:

JAKARTA - Toyota dikabarkan telah memulai pengembangan SUV tangguh dengan dimensi lebih kecil dan harga terjangkau. Bahkan, mobil yang akan dikenal sebagai ‘mini-Fortuner’ diperkirakan mulai debut global akhir tahun ini.

Dikutip dari Autocar India, Kamis, 7 Maret, SUV terbaru ini akan diberi nama Toyota FJ Cruiser atau Land Cruiser FJ akan berbagi platform dengan truk pikap Hilux Champ (di Indonesia Hilux Rangga) yang telah diperkenalkan di Asia Tenggara beberapa waktu lalu, bernama IMV 0.

Untuk mobil terbaru ini, pabrikan akan mengusung desain kotak dan retro dengan sentuhan premium dan akan memiliki ukuran wheelbase sebesar 2.750 mm, sehingga memiliki tata letak tempat duduk dua atau tiga baris.

Pada bagian dalamnya, dihadirkan dasbor dasar namun desainnya terinspirasi dari Hilux Rangga dengan peningkatan material yang lebih baik, sistem layar sentuh besar, dan hadir dengan beragam teknologi.

Diperkirakan mini-Fortuner ini akan memakai powertrain mesin diesel mulai dari 2,4 liter hingga 2,8 liter serta dihadirkan opsi bensin 2,7 liter seperti yang ada pada Fortuner di pasar India.

4
Konsep Compact Cruiser

Sebelumnya, Toyota dilaporkan menghentikan proyek SUV dalam segmen C untuk 2026 mendatang untuk pasar India. Proyek yang dinamakan 340 D dinilai tidak memenuhi kelayakan komersial teknis sehingga rencana ini ditunda.

Diharapkan FJ Cruiser menjadi alternatif lain dalam mengisi segmen C sebagai pengganti 340 D yang telah dihentikan. Terlebih lagi, rencana investasi fasilitas perakitan ketiga Toyota telah disetujui, membuka peluang bagi ‘mini-fortuner’ lahir.

Meskipun model ini akan berpotensial mencuri perhatian berkat harganya yang lebih terjangkau dari Fortuner, masih harus ditunggu apakah benar pabrikan akan menghadirkan kendaraan ini atau justru menawarkan kejutan lainnya.