Bagikan:

JAKARTA - Peugeot, merek otomotif ternama asal Prancis mengumumkan akan meluncurkan 5008 generasi terbaru pada bulan Maret mendatang.

Dilansir dari Autocar, Rabu, 31 Januari, tampilan dari model tersebut tidak akan berbeda jauh dengan siluet konvensionalnya, karena mobil ini mengutamakan sisi kepraktisan berkat dimensi lebih besar dari saudaranya, 3008.

8

Peugeot 5008 akan memakai platform yang sama seperti 3008 terbaru, yakni STLA Medium, yang dikembangkan oleh perusahaan induk, Stellantis. Arsitektur tersebut secara fleksibel dapat kompatibel dengan penggerak hybrid maupun Battery Electric Vehicle (BEV).

Dengan demikian, platform ini memiliki kemampuan yang canggih dan dapat membuat mobil di bawah merek Stellantis melaju sejauh hingga 700 km dalam sekali pengisian daya.

Mobil listrik generasi terbaru akan menggantikan model bermesin konvensional beremisi. Perusahaan juga mengatakan bahwa SUV tersebut sedang dalam pengerjaan dan bukanlah sebuah kejutan mengingat model ini tertangkap kamera mata-mata ketika tengah uji coba.

Selain itu, bagian kabin dari SUV tersebut akan mengusung desain i-Cockpit yang sama seperti 3008, terdiri dari layar 21 inci yang menggabungkan instrumen kluster dan layar infotainmen.

Sayangnya, spesifikasi mengenai mobil ini masih sangat terbatas. Sebagai gambaran, Peugeot 3008 menawarkan penggerak hybrid dan BEV. Untuk hybrid, mobil tersebut mengusung mesin 1,2 liter yang terhubung dengan baterai 48V mild-hybrid, menghasilkan tenaga hingga 131 dk berpenggerak roda depan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Sedangkan, versi listriknya ditawarkan dengan motor listrik tunggal yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 205 dk yang dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 8,7 detik. Sedangkan, versi dual-motor memiliki tenaga hingga 314 dk dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,4 detik.