VinFast VF3, Mobil Listrik Mini Murah Asal Vietnam Dipastikan Debut di Gelaran CES 2024
VinFast VF3. (Dok. VinFast Auto)

Bagikan:

JAKARTA - Pada awal Desember, produsen otomotif asal Vietnam, VinFast diberitakan sudah mendaftarkan salah satu produk kendaraan listrik andalannya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham) dan kemungkinan terbesar mobil itu adalah VinFast VF3.

Cukup banyak yang penasaran dengan mobil listrik yang dikatakan memiliki desain menarik layaknya Suzuki Jimny.

7

Kabar terbaru adalah VinFast akan ikut serta pada pameran Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, AS pada 9-12 Januari.

Dilansir dari CarBuzz, Rabu, 27 Desember, pabrikan yang didirikan pada 2017 lalu ini akan membawa beberapa kendaraannya dalam ajang ini, salah satunya VF3 yang diposisikan sebagai mobil listrik terjangkau.

VF3 memiliki desain yang lebih kaku dan kokoh sehingga model tersebut berpotensi memiliki kemampuan berjalan di berbagai medan.

Mobil ini memiliki panjang keseluruhan kurang lebih 3.114 mm dan memiliki desain 2 pintu, bagasi belakang, serta ruang interior yang cukup untuk menampung hingga lima orang. Bodinya kompak namun tinggi dan kokoh, memberikan ground clearance yang luas dan dilengkapi roda berukuran 16 inci.

Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa VinFast VF3 akan dibanderol dengan nilai jual kurang dari 20.000 dolar AS (setara Rp308,9 jutaan). Jika dikenakan pajak kredit yang berlaku di AS, maka ada kemungkinan harganya bisa menjadi lebih murah hingga 12.500 dolar AS (sekitar Rp193,1 jutaan).

Mobil ini akan dilengkapi dengan motor listrik dan baterai yang diklaim memiliki jarak tempuh yang mengesankan, sehingga cocok untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari. Perusahaan asal Vietnam ini telah membuka masa pemesanan VF3 pada September lalu dan memulai masa pengiriman pada kuartal ketiga tahun depan.

Diketahui selain Asia, VinFast memiliki misi yang ambisius untuk merambah ke pasar negeri Paman Sam dengan memperluas jaringan dealer di wilayah tersebut serta berupaya membangun pabriknya sendiri di AS.